Breaking News:

DISKOMINFO KEPRI

Gubernur Ansar Hadiri Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Rektor Universitas Batam

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan selamat bertugas kepada Yuliansyah sebagai pejabat baru Rektor Universitas Batam menggantikan Chabullah

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
Dok. Pemprov Kepri
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menghadiri pelantikan Rektor Universitas Batam yang baru di Rumengan Hall Universitas Batam, Selasa (6/9/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menghadiri pelantikan Rektor Universitas Batam (Uniba) di Rumengan Hall Universitas Batam, Selasa (6/9/2022).

Pada kegiatan itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan tentang bonus demografi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang menempati urutan kelima negara penduduk terbanyak di dunia.

Menurutnya, potensi ini harus dikelola dengan baik, karena kalau tidak bisa menjadi disaster demografi.

"Oleh karena itu pemerintah akan terus mendukung kiprah Bapak Ibu yang telah menghadirkan institusi pendidikan di Kepri. Apresiasi patut diberikan karena telah mendidik para penerus bangsa," ucapnya.

Tidak hanya bonus demografi, secara geografis posisi Kepri juga sangat strategis karena berbatasan langsung dengan beberapa negara tenaga seperti Singapura dan Malaysia serta merupakan provinsi Kepulauan terbesar di Indonesia karena memiliki 2.408 pulau.

Selain itu, Kepri berada di Selat Malaka yang merupakan selat tersibuk urutan ke 4 di dunia setelah terusan suez, Selat Bosporus di Turki serta Selat gibraltar yang memisahkan Maroko dan Spanyol.

Selat Malaka sendiri setiap tahunnya dilalui kurang lebih 90.000 kapal dan potensi maritim yang strategis ini belum bisa kita manfaatkan secara maksimal karena kewenangan yang terbatas dimiliki oleh Pemerintah Daerah.

Baca juga: Prof Yuliansyah Jadi Rektor Universitas Batam, Pelantikan Dihadiri Gubernur Ansar

"Oleh karena itu peran universitas untuk kemajuan daerah sangat besar. Pemerintah butuh partner untuk berdiskusi dan berkolaborasi melihat potensi ini dari sisi akademis untuk rujukan ke pusat sehingga daerah diberikan kewenangan lebih, misalnya seperti labuh jangkar, logistik, dan lainnya," harapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Ansar juga mengajak para Civitas Akademi bersama menyusun ekosistem pendidikan yang link match dengan dunia usaha di Batam.

Sehingga apa yang dipelajari di Perguruan Tinggi bisa diimplementasikan di dunia usaha.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved