Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

1.551 Warga Anambas Terima Pencairan BLT BBM Tahap I Tahun 2022

Ribuan warga Anambas menerima pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) imbas kenaikan harga BBM melalui petugas kantor Pos.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Dok Kantor Pos Tarempa
Petugas Kantor Pos Cabang Tarempa saat menyalurkan BLT BBM dan BPNT kepada sejumlah masyarakat, Senin (12/9/2022). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) imbas naiknya harga BBM bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Kepulauan Anambas masih terus berlangsung.

Penyaluran BLT BBM tahun 2022 di Anambas ini, disejalankan dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Jumlah KPM tahap pertama yang terdata dari Dinas Sosial Anambas dan Kementerian Sosial lebih kurang sebanyak 1.551 Kepala Keluarga (KK).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepulauan Anambas, Usman menyampaikan, BLT BBM merupakan program jaringan pengamanan sosial yang diberikan sebagai upaya meringankan beban masyarakat.

"Jadi bantuan ini adalah bentuk kompensasi pemerintah pusat terhadap kenaikan harga BBM," ucapnya kepada TribunBatam.id, Senin (12/9/2022).

Baca juga: Pecahkan Rekor MURI, Bupati Anambas Hadiri Aksi Sikat Gigi Nasional 4 Ribu Anak

Ia menambahkan, BLT BBM ini nantinya akan dilaksanakan melalui dua tahap dengan penyaluran per dua bulan sekali.

"Untuk tahap satu terhitung bulan September dan Oktober sementara tahap dua bulan November dan Desember," terangnya.

Adapun besaran BLT BBM sebesar Rp 300 ribu per dua bulan dan ditambah BPNT sebesar Rp 200 ribu yang akan diterima oleh masing-masing KPM.

"Untuk total yang diterima sebesar Rp 500 ribu," sebutnya lagi.

Oleh karenanya dengan bantuan itu Ia berharap, para penerima dapat menggunakannya sebaik mungkin dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Bupati Anambas Lepas 1000 Pelajar Ikuti Jalan Santai Meriahkan Haornas 2022

Sementara itu, Joko Permadi selaku Pjs Kepala PT. Pos Indonesia Cabang Tarempa menyebutkan, penyaluran BLT BBM dan BPNT yang dilaksanakan oleh pihaknya bertempat di tiga wilayah Anambas.

"Penyalurannya kita lakukan di tiga cabang, ada di Kecamatan Siantan sebanyak 515 KPM, Kecamatan Jemaja atau Letung 374 KPM dan Kecamatan Palmatak 662 KPM," tuturnya.

Adapun syarat yang mesti dilampirkan para KPM saat menerima bantuan itu berupa kartu identitas diri yakni Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga.

"Sesuai dengan peraturan pemerintah pusat bagi penerima ini cukup membawa KTP dan kalau pun tidak bisa mengambil sendiri dapat diwakilkan dengan melampirkan Kartu Keluarga (KK)," kata Joko. (TribunBatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved