Breaking News:

DISKOMINFO NATUNA

Bupati Natuna Sidak Harga Pangan di Pasar Tradisional Ranai terkait Harga BBM Naik

Bupati Natuna Wan Siswandi sidak harga pangan di Pasar Tradisional Ranai, Selasa (13/9). Hasilnya, harga pangan masih stabil

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Bupati Natuna Wan Siswandi melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Selasa (13/9/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Bupati Natuna Wan Siswandi melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Selasa (13/9/2022).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka melihat secara langsung dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu.

Wan Siswandi didampingi oleh beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, mengecek satu per satu harga sembako dan harga pangan yang dijual pedagang.

Wan Siswandi mengatakan dari hasil sidak, harga kebutuhan pokok semuanya masih relatif stabil.

"Yang lain terbilang stabil, yang naik harga hanya cabai karena pasokan dari petani maupun distributor dari luar kurang dan berlaku prinsip ekonomi," kata Wan Siswandi di Pasar Tradisional Ranai.

Selain itu, telur juga mengalami kenaikan harga. Namun naiknya harga bukan disebabkan kenaikan harga BBM.

"Nah untuk kenaikan harga telur, itu terjadi sebelum harga BBM naik," katanya.

Baca juga: HUT TNI AL, ada Pameran Alutsista Jaga Laut Natuna Utara Indonesia

Meski belum ada dampak signifikan terhadap kenaikan harga BBM, Pemerintah Daerah Natuna akan terus memantau dan melakukan langkah-langkah agar tidak terjadi kenaikan harga pangan dan kebutuhan lainnya (inflasi) di Natuna.

"Untuk menekan kenaikan harga barang dan pangan, pemerintah akan menyisihkan 2 persen dari dana alokasi umum (DAU) dan dana bagi hasil (DBH) untuk dibuatkan kegiatan yang intinya untuk membantu masyarakat," tutur Wan Siswandi.

Baca juga: Bupati Natuna Hidupkan PJU Perdana, Jalan Sudirman Sedanau Tak Gelap Lagi

Ia melanjutkan, langkah yang akan dilakukan pemerintah daerah bisa berupa bantuan langsung tunai, operasi pasar murah serta kegiatan dari dinas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Contoh Dinas Pertanian membantu biaya operasional petani, perikanan juga demikian hingga dana yang kita alokasikan terserap secara efektif dan dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat," tutupnya. (Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved