Breaking News:

SMKN 1 Batam Jadi Tuan Rumah Seleksi Nasional ASEAN Skills Competition

Bunyi gong tiga kali yang dipukul oleh Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kementerian Tenaga Kerja Wilayah Banda Aceh

Penulis: Aminudin | Editor: Agus Tri Harsanto
ist
Seleksi nasional ASEAN Skills Competition (ASC) XIII 2022 dibuka, Senin (12/9/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Bunyi gong tiga kali yang dipukul oleh Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kementerian Tenaga Kerja Wilayah Banda Aceh, Rahmad Faisal menandai resminya seleksi nasional ASEAN Skills Competition (ASC) XIII 2022 dibuka, Senin (12/9/2022).

Seleksi nasional ASC XIII 2022 akan berlangsung sampai Kamis 15 September 2022 dimana SMKN 1 Batam bertindak sebagai salah satu tuan rumah.

Sekadar catatan, seleknas ASC XIII 2022 diikuti semua provinsi yang dibagi dalam 14 zona penyelenggara. Kepri bersama Jambi tergabung dalam provinsi ke-14. 

Rahmad Faisal mengatakan, penyelenggaraan seleknas ASC XIII 2022 berlangsung bersamaan di tujuh lokasi di Indonesia.

Tujuh lokasi tersebut yakni Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi, BBPVP Bandung, BBVP Semarang, BBPVP Medan, Puspita Martha International School Jakarta, Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta, dan SMKN 1 Batam.

"Yang sedang berlangsung pada hari ini (Senin) yakni seleksi nasional untuk menyaring kompetitor yang akan menjadi duta Indonesia pada event ASC XIII 2023 di Singapura,"katanya.

Rangkaian seleksi nasional ASC XIII 2022 telah dimulai sejak bulan Mei 2022. Setelah itu diselenggarakan seleksi daerah melalui dana dekonsentrasi pada 14 provinsi dengan sistem wilayah kerja (Wilker).

Seleksi daerah dilakukan dengan dua cara, yakni metode Blended dan Full Online. Jumlah peserta yang mengikuti selekda yakni ada 110 orang secara blended dan 184 orang secafa full online.

Penilaian seleksi daerah dilakukan oleh juri khusus yang ditunjuk oleh tim Kementerian Tenaga Kerja. Dari penilain tersebut terpilih 108 kompetitor yang mulai bersaing sejak hari Senin ini.

"Nah 108 orang inilah yang kemudian mengikuti seleknas yang dilakukan sejaj hari ini (Senin) dan akan berlangsung sampai hari Kamis nanti, tanggal 15 September 2022 dimana SMKN 1 Batam jadi 1 dari 7 lokasi seleksi,"katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved