Breaking News:

BATAM TERKINI

Bawa Barang Bekas Senilai Rp 450 Juta, Kapal Kayu Ditangkap Bea Cukai di Batam

Bea Cukai Batam menangkap kapal kayu pembawa barang bekas senilai Rp 450 juta. Kapal itu diamankan di Pelabuhan Macobar Batuampar.

ISTIMEWA
kapal dan barang bukti yang diamankan Bea Cukai Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kota Batam, masih menjadi surga bagi para penyelundup barang-barang bekas ke luar Batam, mulai pakaian hingga barang elektronik.

Penyelundupan itu semakin marak karena banyaknya pelabuhan Rakyat (Pelabuhan tikus,red) yang tersebar di seluruh penjuru pulau Batam

Bahkan penyelundup semakin nyaman dan mudah mengalihkan perhatian petugas karena banyaknya pulau-pulau yang bisa menjadi tempat bersembunyi bagi para penyelundup untuk menghindari petugas.

Pada Kamis (8/9/2022) Bea Cukai Batam menggagalkan upaya pengeluaran ilegal berbagai jenis barang bekas yang ditaksir nilainya Rp 450 juta lebih.

Barang bekas tersebut diangkut menggunakan kapal kayu, berangkat dari pelabuhan Macobar Batu Ampar, Kota Batam, Provinsi Kepri.

Kapal kayu yang mengangkut 82 koli berisi tas berbagai merek dan jenis, 91 koli berisi pakaian dan sprei berbagai merek dan jenis, 13 karung berisi rantai kapal, 2 box berisi treadmill, 1 unit gearbox, 10 unit kursi roda, dan 8 box berisi barang campuran elektronik berbagai merek dan jenis dalam
kondisi bekas. 

Kapal tersebut diamankan oleh petugas Patroli menggunakan kapal BC-20007, sekitar pukul 01.00 WIB, di wilayah Batuampar, selanjutnya kapal ditarik menuju pelabuhan KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam di Tanjunguncang.

Baca juga: DAFTAR Tempat Rawan Kejahatan di Batam Masuk Prioritas Perhatian Polresta Barelang

Bersama kapal dan barang bekas petugas juga mengamankan 9 anak buah kapal.

Kapal tersebut diamankan karena melanggar UU No. 17 Tahun 2006 Tentang Kepabeanan.

Undani, Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, mengatakan saat ini pihaknya masih melengkapi dokumen pemeriksaan."Untuk saat ini kapal bersama barang bukti masih kita tahan," kata Undani. (TRIBUNBATAM.id/Ian Sitanggang)

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved