Breaking News:

DISKOMINFO KEPRI

Pimpin Delegasi Indonesia, Gubernur Kepri Dorong Peningkatan Peran Pemda Dalam IMT-GT

Chief Ministers and Governors Forum (CMGF) adalah forum yang dibentuk sejak 2005 sebagai wadah pertemuan dan diskusi antarpemerintah daerah di IMT-GT

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Tri Indaryani
Biro Adpim Pemprov Kepri
Gubernur Ansar saat menjadi pimpinan delegasi Indonesia dalam The 19th IMT-GT Chief Ministers and Governors Forum (IMT-GT CMGF) di Saii Laguna Phuket Thailand, Kamis (15/9/2022). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad terus mendorong peningkatan peran pemerintah daerah untuk menjadi yang terdepan dalam kerjasama Indonesia -Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Dirinya mengajak semua elemen dalam Kerjasama IMT-GT untuk mengundang partisipasi dari pemerintah daerah dalam kegiatan kapasitas pembangunan.

Hal itu disampaikan Gubernur Ansar saat menjadi pimpinan delegasi Indonesia dalam The 19th IMT-GT Chief Ministers and Governors Forum (IMT-GT CMGF) di Saii Laguna Phuket Thailand, Kamis (15/9/2022). 

"Hal ini penting mengingat terbatasnya kapasitas pemerintah daerah untuk mengambil manfaat perspektif dan kerja sama sub-daerah," kata Gubernur Ansar. 

Chief Ministers and Governors Forum (CMGF) adalah forum yang dibentuk sejak tahun 2005 sebagai wadah pertemuan dan diskusi antar pemerintah daerah di wilayah IMT-GT.

Selama ini peran CMGF dipandang belum optimal di IMT-GT.

Dalam strategi baru yang disusun melalui Concept Notes on Revitalising IMT-GT Chief Ministers and Governors Forum: Taping Opportunity from Economic Corridors. Terdapat upaya untuk memperkuat peran pemerintah daerah dalam Chief Ministers and Governors Forum (CMGF), antara lain melalui pemfokusan kembali diskusi pada proyek/program yang relevan dengan kerjasama subregional.

Baca juga: Gubernur Kepri Ansar Ahmad Pimpin Delegasi Indonesia di Phuket Thailand 

Upaya selanjutnya yaitu mempromosikan pertukaran pengalaman dan praktik terbaik dalam implementasi proyek yang relevan dengan kerjasama subregional; dan mengkonfigurasi ulang IMT-GT Chief Ministers and Governors Forum (CMGF) serta membentuk perwakilan pemimpin negara bagian/provinsi untuk masing-masing koridor ekonomi.
 
Menurut Gubernur Ansar, forum CMGF harus menggarisbawahi prinsip-prinsip manfaat bersama untuk menghasilkan kerjasama yang nyata dan terukur.

Untuk itu, Gubernur Ansar menghendaki semua elemen dalam IMT-GT untuk mengundang pemerintah daerah dalam mempersiapkan dan mengimplementasikan proyek-proyek yang dimaksudkan. 

"Kami juga perlu menghasilkan gagasan-gagasan tentang bagaimana untuk membangun   inisiatif mekanisme bersama dengan unit-unit yang berhubungan," ujar Gubernur Ansar. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved