Breaking News:

BERITA KRIMINAL

Ratusan Tanaman Hias Ilegal Dari Malaysia Diamankan Petugas di Pelabuhan Batam Center

Ratusan tanaman hias ilegal dari Malaysia itu diamankan petugas dari barang bawaan seorang penumpang yang tiba di Pelabuhan Batam Center, Jumat (16/9)

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Petugas polisi dan karantina menggeledah barang bawaan penumpang Hery Sambodo di Pelabuhan Batam Center, Jumat (16/9/2022). Hery kedapatan membawa ratusan tanaman hias dari Malaysia tanpa dilengkapi dokumen resmi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Seorang penumpang kapal di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center kedapatan membawa ratusan tanaman hias dari Malaysia tanpa dilengkapi dokumen, Jumat (16/9/2022) sore.

Akibatnya, pria yang diketahui bernama Hery Sembodo itu diamankan tim gabungan polisi dan Balai Karantina Pertanian Batam.

“Sejumlah tanaman hias sudah kita amankan bersama Balai Karantina dari tangan pelaku. Tersangka dan barang bukti sudah dibawa untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Kepri, AKBP Darsono.

Ia melanjutkan, barang bukti yang diamankan berupa tumbuhan sebanyak 110 tanaman bunga hias jenis Aglonema dan 35 bunga hias jenis Anturium.

Baca juga: Revitalisasi Masjid Agung Batam Center, Pemko Kebut Bangun Masjid Sementara

Masing-masing tanaman itu tidak dilengkapi sertifikat kesehatan dari negara asal Malaysia. Itu sebagaimana ketentuan Undang-undang nomor 21 tahun 2019 Tentang Karantina Hewan, Ikan, Tumbuhan.

Hery Sambodo kedapatan membawa barang tanaman hias saat polisi bersama karantina melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang yang tiba di pelabuhan. Diketahui, pelaku mempacking tanaman hias itu dalam kotak.

(TRIBUNBATAM.id/bereslumbantobing)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved