Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Tanjungpinang Masuk Smart City, Pemko Evaluasi Program Kota Cerdas 2022

Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri menjadi salah satu kota smart city dari gerakan 100 kota cerdas di Indonesia. Pemerintah pun mulai berbenah.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Dok Pemko Tanjungpinang
Rapat koordinasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tanjungpinang bersama Bappelitbang dalam mempersiapkan program kota cerdas (smart city), Sabtu (17/9/2022). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tanjungpinang tengah mempersiapkan program kota cerdas (smart city).

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Bambang Hartanto mengatakan, program smart city ini sudah dimulai tahun 2019 lalu.

Tepatnya sejak dipilihnya Kota Tanjungpinang menjadi salah satu kota smart city dari gerakan 100 kota cerdas di Indonesia.

"Hingga 2022, program ini masih berlanjut. Untuk itu, kita perlu melakukan berbagai persiapan dalam rangka evaluasi dan monitoring dari kemenkominfo yang akan dilakukan pada Oktober mendatang," ujar Bambang, Sabtu (17/9/2022).

Sementara itu, Ketua Tim Smart City Kota Tanjungpinang, Surjadi yang juga selaku Kepala Bappelitbang menyampaikan, menjelang evaluasi program smart city Tanjungpinang oleh Kemenkominfo pada 3-8 Oktober mendatang, pihaknya sudah menyiapkan beberapa hal.

Baik itu inovasi program berbasis IT maupun keunggulan dan potensi yang ada di Kota Tanjungpinang.

Baca juga: UMRAH Dapat Hibah Lahan Lagi 3,2 Hektare dari Pemko Tanjungpinang, Total 9,2 Hektare

"Kita tahu bahwa upaya kita untuk menjadi satu dari 100 kota peserta program smart city ini merupakan sesuatu hal yang dulu kita upayakan dengan maksimal,” kata Surjadi.

Maka dari itu program smart city ini harus sejalan dengan usaha yang dilakukan selama ini.

Menurutnya, smart city ini merupakan bagaimana mengintegrasikan teknologi dalam tata kelola tugas sehari-hari.

Tujuannya untuk efesiensi, pelayanan publik, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved