Breaking News:

WISATA LINGGA

Tempat Wisata di Lingga, Museum Linggam Cahaya Jadi Pusat Informasi Sejarah

Museum Linggam Cahaya termasuk destinasi wisata sejarah di Lingga. Tempat ini menyimpan benda peninggalan sejarah lebih kurang sebanyak 5.569 koleksi

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
Prokopim Lingga/Arpa Aindi
Wisatawan asal Malaysia saat mengunjungi Museum Linggam Cahaya di Daik, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, Selasa (6/9/2022) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Museum Linggam Cahaya di Daik, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) merupakan pusat informasi sejarah bagi masyarakat umum.

Museum ini menjadi salah satu tempat penting bagi wisatawan, dan merupakan salah satu lokasi wisata sejarah yang patut dikunjungi.

Di tempat ini banyak menyimpan ribuan peninggalan sejarah sebagai bukti masa Kerajaan Riau-Lingga di Daik.

Tidak tanggung-tanggung, setidaknya di dalam museum ini menyimpan benda peninggalan sejarah lebih kurang sebanyak 5.569 koleksi.

Baru-baru ini pun wisatawan asing dari Malaysia pun mengunjungi tempat ini sebagai referensi untuk melihat benda-benda peninggalan, serta silsilah sejarah kerajaan Melayu Riau-Lingga-Johor-Pahang.

Benda-benda peninggalan sejarah ini pun dikumpulkan dari masyarakat Lingga untuk menyerahkan secara cuma-cuma dan juga diberikan imbalan.

Ada berbagai macam benda-benda yang tersimpan di museum dua lantai itu.

Baca juga: Keris hingga Perahu Tua, 60 Objek Sejarah Diselamatkan dan Disimpan di Museum Linggam Cahaya

Mulai dari cagar budaya artefak, uang lama, senjata dan alat tukang Melayu zaman kerajaan, naskah kuno, alat musik kuno, alat pengolahan sagu, peninggalan sejarah kerajaan berbahan kuningan, dan masih banyak lagi.

Temuan besar didapatkan pada akhir 2021, yakni sebuah perahu tua yang terbenam di Pantai Pulau Sebangka, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga.

Koleksi satwa laut langka, kerangka Gajah Mina di Museum Linggam Cahaya, Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri. Foto diambil Senin (18/7/2022)
Koleksi satwa laut langka, kerangka Gajah Mina di Museum Linggam Cahaya, Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri. Foto diambil Senin (18/7/2022) (tribunbatam.id/Febriyuanda)


Namun perahu ini masih diletakkan di luar museum, karena belum ada tempat untuk menampung ukurannya yang mencapai sepanjang 12,55 meter ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved