Breaking News:

Samsat Karimun Ajak Warga Manfaatkan Program Pemutihan Pajak Kendaraan di Kepri

Kepala UPT-PPD Samsat Karimun Deni Rezki ajak warga memanfaatkan pemutihan pajak kendaraan tahap dua yang mulai berlaku besok, Selasa (20/9) ini

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.id/AMINUDDIN
Ilustrasi. Warga sedang melakukan pendaftaran di loket cek fisik kendaraan di Kantor Samsat Batam Centre, Kamis (30/6/2022). Program pemutihan pajak kendaraan tahap dua di Kepri mulai berlaku Selasa (20/9/2022) 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Program pemutihan pajak kendaraan bermotor tahap II di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), juga berlaku di wilayah Kabupaten Karimun.

Kepala UPT-PPD Samsat Karimun, Deni Rezki Saputra mengatakan, pemutihan pajak kendaraan bermotor tahap kedua ini berlaku mulai besok, 20 September hingga 30 November 2022.

"Rinciannya pemutihan pajak dengan keringanan penghapusan sanksi administrasi 100 persen," ujar Deni Rezki Saputra, Senin (19/9/2022).

Ia menambahkan, perpanjangan pemutihan pajak kendaraan bermotor ini bagian dari sempena Hari Jadi Provinsi Kepri ke-20, dan HUT Lalulintas Bhayangkara ke-67.

Selain itu, pihaknya juga memberikan keringanan penghapusan sanksi administrasi, serta keringanan lainnya.

Keringanan tersebut di antaranya biaya balik nama hingga pembayaran pokok tunggakan pajak kendaraan bermotor.

"Pembebasan balik nama sebesar 100 persen dan keringanan pokok tunggakan pajak kendaraan bermotor sebesar 30 persen," ujarnya.

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan di Kepri Tahap Dua Mulai Berlaku 20 September

Dengan begitu, Deni berharap kepada masyarakat Karimun yang belum sempat melakukan pembayaran tunggakan pajak pada tahap pertama, agar dapat memanfaatkan program pemutihan tahap kedua ini.

Menurutnya, taat pajak itu juga membantu meningkatkan pendapatan daerah yang nantinya akan dimanfaatkan dalam pembangunan.

"Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat. Tentunya ini juga salah satu upaya untuk mendukung kelancaran pembangunan di wilayah Kepri dan Karimun," ujarnya.

Diketahui, kebijakan pemutihan pajak juga telah tertuang dalam Peraturan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) No 42 Tahun 2022.

Hal ini sebagai upaya pemerintah mendukung program pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, serta menarik minat masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor. (TRIBUNBATAM.id / Yeni Hartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved