Breaking News:

Bank Indonesia Kepri

Bank Indonesia Gelar GNPIP Berikan Bibit Cabai ke KWT Kelurahan Harjosari

Pemprov Kepri sinergi bersama Bank Indonesia menggelar GNPIP di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Septyan Mulia Rohman
ist
Sinergi Pemprov Kepri bersama Bank Indonesia menggelar Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (20/9/2022). 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) bersinergi bersama Bank Indonesia menggelar Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (20/9/2022).

Hal itu sesuai dengan upaya Bank Indonesia pada tiga fokus utama GNPIP yakni peningkatan produksi pangan, perluasan kerjasama antar daerah, dan stabilisasi harga pangan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Musni Hardi Kusuma Atmaja mengatakan, pemberian bibit cabai ini menyasar Kelompok Tani Wanita (KWT) di Kelurahan Hajosari, Kabupaten Karimun.

"Sesuai dengan upaya dan fokus BI terkait peningkatan produksi pangan, kami menyerahkan seribu bibit kepada KWT RW 04 Harjosari, Karimun," ujar Musni.

Musni menambahkan, pemberian bibit ini merupakan bagian dari GNPIP serta kerjasama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang telah dicanangkan di Provinsi Kepri, Agustus lalu.

Baca juga: Bank Indonesia Kepri Ungkap Cara Rawat Uang Rupiah Kertas Agar Awet

"Jadi untuk mendorong peningkatan produksi, kami melakukan upaya urban farming dan penanaman dari pemanfaatan perkarangan rumah warga yang dibantu dari anggota penggerak dari kelompok PKK dan KWT," ujarnya.

Dengan begitu, Musni berharap melalui kegiatan ini dapat menimbulkan kembali semangat kelompok KWT untuk menanam kebutuhan rumah tangga sendiri.

"Bibit telah kami berikan kedepannya sangat diharapkan para KWT Harjosari dan meluas ke KWT yang ada di Kabupaten Karimun, untuk dapat meningkatkan multikultural rumah tangga secara mandiri tidak bergantung pada pasar jual beli," ujarnya.

Sementara, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, memberikan apresiasi kepada BI Kepri yang dinilai aktif dalam melakukan gerakan pengendalian inflasi daerah di Kepri.

Baca juga: Syarat dan Ketentuan Menukar Uang Rupiah Rusak, Sobek dan Terbakar ke Bank Indonesia

"Pencanangan ini akan dilakukan di seluruh kabupaten kota se Kepri, dalam rangka memperkuat beberapa ketersediaan komoditi cabai. BI selalu berhasil memberikan perhatian dan edukasi kepada masyarakat," ujar Ansar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved