Breaking News:

DISKOMINFO KEPRI

Gubernur Kepri Senang Program Subsidi Bunga Pinjaman Nol Persen UMKM Banyak Peminat

Gubernur Kepri senang program Pemprov Kepri dengan Bank Riau Kepri Syariah tentang pinjaman lunak bagi pelaku UMKM tanpa bunga mendapat respon positif

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Biro Adpim Pemprov Kepri
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menyebut kebijakan Pemerintah Provinsi Kepri bekerja sama dengan Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) berupa pemberian pinjaman lunak bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tanpa bunga mendapat respon positif masyarakat. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Kebijakan Pemerintah Provins Kepri bekerja sama dengan Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) berupa pemberian pinjaman lunak bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tanpa bunga mendapat respon positif.

Adapun bunga pinjaman yang seharusnya jadi tanggungjawab debitor, ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Kepri.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kepri Kepri, tercatat per Agustus 2022 realisasi bunga kredit dari program ini telah mencapai angka lebih dari Rp 650 juta.

Dengan rincian Rp 186 juta lebih di tahun 2021 dan Rp.464 juta lebih di tahun 2022.

Kemudian plafon kredit yang telah disalurkan telah mencapai Rp 11,160 miliar dengan total 591 UMKM sebagai debitur.

“Program pinjaman UMKM dengan bunga nol persen ini memang kita tujukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Dalam hal ini kita bekerjasama dengan Bank Riau Kepri yang sekarang menjadi Bank Riau Kepri Syariah. Harapan kita bisa membantu usaha kecil yang ingin bangkit setelah terpuruk karena pandemi,” kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Gubernur Kepri Buka Rakor Kepala Daerah Tingkat Kabupaten dan Kota di Karimun

Selama dua tahun dilanda pandemi Covid-19 semua level usaha terkena dampaknya, baik usaha makro maupun usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Terutama UMKM yang tersebar di seluruh Kepulauan Riau mengalami masa-masa sulit.

Sehingga memerlukan suatu bentuk stimulus guna bertahan, atau bahkan dapat sebagai langkah awal memulai pemulihan ekonomi.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad berkomitmen dalam upaya penguatan dan pemberdayaan UMKM yang ada sebagai salah satu pilar pembangunan daerah. Sehingga mampu membuka kesempatan kerja yang luas dan memiliki kontribusi yang besar dalam mendukung pembangunan dan pemulihan ekonomi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved