Breaking News:

BINTAN TERKINI

Panitia Pilkades di Bintan Titip Surat Suara Plus Kotaknya ke Polsek Biar Lebih Aman

Panitia Pilkades di Desa Toapaya Bintan, sengaja menitipkan surat suara plus kotak suara ke Mapolsek Gunung Kijang untuk menjaga surat suara aman

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Alfandi Simamora
Ketua Panitia Pilkades di Desa Toapaya, Bintang Oki Alexander saat melihat kotak suara dan surat suara yang dititipkan di Mapolsek Gunung Kijang Bintan, baru-baru ini. Kotak suara dan surat suara itu ditempatkan di dalam sebuah sel dan digembok dari luar 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Toapaya Bintan menitipkan surat suara di Mapolsek Gunung Kijang.

Penitipan surat suara itu dilakukan setelah Panitia Pilkades tingkat desa menyelesaikan pencetakan, dan pelipatan surat suara.

Ketua Panitia Pilkades di Desa Toapaya, Bintang Oki Alexander menuturkan, penitipan surat suara di Mapolsek Gunung Kijang ini dilakukan untuk menjaga surat suara dari tangan-tangan oknum 'nakal'.

Surat suara yang sudah dilipat terlebih dahulu dimasukkan ke dalam kotak suara, dan diberikan kunci gembok, selanjutnya dititipkan ke polsek.

"Intinya demi keamanan dan kerahasiaan, kita titipkan surat suara di Polsek Gunung Kijang," ucapnya, Selasa (20/9/2022).

Ia melanjutkan, surat suara yang dititipkan bersama kotak suara tersebut, saat ini berada di ruang khusus seperti sel di Mapolsek Gunung Kijang, dan dikunci dengan gembok.

Baca juga: JADWAL dan Tahapan Pelaksanaan Pilkades Tingkat Kabupaten Bintan 2022

Tempat tersebut dijaga ketat aparat kepolisian dan dipantau langsung dengan kamera pengawas (CCTv).

"Ada tiga gembok yang kita pakai, dua dari pihak Polsek dan satu dari kami (panitia). Dan ada kamera CCTv yang mengawasi kotak surat suara tersebut," terangnya.

Oki meyakini jika surat suara yang dititipkan di Polsek Gunung Kijang akan aman.

Baca juga: Pilkades Bintan 2022, Ini 18 Calon Kepala Desa Lolos Seleksi Sistem CAT

"Soalnya tempat penyimpanannya pun dijaga ketat aparat kepolisian dan diawasi kamera pengintai," ungkapnya.

Oki menambahkan, jika tahapan pelaksanaan Pilkades di Desa Toapaya berjalan sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Bintan.

Ia pun berharap agar pada saat pemungutan suara, masyarakat bisa berpartisipasi dengan memberikan hak suaranya di TPS.

"Kami juga mengajak masyarakat datang ke TPS dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan membawa surat undangan memilih dari petugas kami," tutupnya. (tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved