Breaking News:

PEMILU 2024

LINK Syarat Pendaftaran Panwascam di Batam oleh Bawaslu, Dibuka Hari Ini

Bawaslu Batam mengungkap syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar menjadi panwascam untuk Pemilu serentak 2024.

TribunBatam.id/Ichwan Nur Fadillah
Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza. Bawaslu Batam membuka pendaftaran bagi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu Serentak 2024 mulai hari ini, Rabu (21/9/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batam membuka pendaftaran atau rekrutmen calon Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) dalam rangka Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang.

Pendaftaran calon Panwascam oleh Bawaslu Batam dalam rangka Pemilu Serentak 2024 dibuka mulai hari ini, Rabu (21/9/2022) hingga 27 September 2022 di Kantor Bawaslu Batam yang terletak di Komplek Ruko KBC Blok C1 Nomor 17.

Ketua Bawaslu Batam, Syailendra Reza, menjelaskan bahwa pendaftaran Panwascam dalam rangka Pemilu Serentak 2024 sudah dimulai sejak pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

"Hari Sabtu dan Minggu pun kita buka. Meski hari libur, nanti para pendaftar tetap dilayani oleh tim," ujar Reza kepada TribunBatam.id, Rabu (21/9/2022).

Reza pun menuturkan beberapa persyaratan yang mesti dilengkapi calon pelamar.

Baca juga: Bawaslu Batam Buka Pendaftaran Panwascam September 2022, Simak Persyaratannya

Beberapa di antaranya adalah berusia paling rendah 25 tahun, minimal berijazah Sekolah Menengah Atas (SMA), dan tidak pernah terlibat pada aktivitas politik seperti menjadi pengurus partai atau tim sukses pasangan calon presiden serta kepala daerah.

"Kalau prosesnya sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Selain persyaratan yang ada, para pendaftar juga mesti mengetahui proses kepemiluan. Saat ini masih proses administrasi, lolos tidaknya mereka akan kita cek nantinya," sambungnya.

Setelah melewati proses administrasi, pendaftar yang lolos akan memasuki tahap Computer Asissted Test (CAT).

Selama CAT berlangsung, Reza mengatakan jika materi dalam tes adalah yang berkaitan dengan proses pemilu.

Di Bawaslu ini, peraturan yang mesti diketahui ada beberapa hal. Selain UU Pemilu, ada juga Peraturan Bawaslu dan PKPU.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved