Breaking News:

Haji 2022 Butuh Biaya Rp 98,8 Juta, Biaya Haji 2023 Berpotensi Naik

Pemerintah sedang mengkaji kemungkinan penyesuaian biaya haji tahun 2023. Hal itu mengingat besarnya biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan haji.

LABBAIK
Pemerintah sedang mengkaji kemungkinan penyesuaian biaya haji tahun 2023. Hal itu mengingat besarnya biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan haji. Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA  - Pemerintah melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) mengungkapkan adanya kemunkinan penyesuaian biaya haji yang akan ditetapkan pada 2023 mendatang.

Hal itu terkait besarnya margin antara biaya yang harus dibayar oleh warga negara yang ingin berhaji (Bipih) dengan total biaya yang dibutuhkan selama proses menjalankan ibadah haji.

Tahun 2022, Bipih yang dibayarkan jemaah hanya Rp 39,8 juta dari total biaya haji Rp 98 juta.

"Tahun depan, kemungkinan akan ada pembiayaan yang proporsional. Kita harus menjaga keberlangsungan jemaah haji yang akan berangkat dengan mengawal keuangan jemaah,” jelas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Hilman saat menghadiri pembukaan Kantor Fungsional Bank Banten Jawa Barat (BJB) Syariah di Kantor Kementerian Agama Jakarta Timur, Kamis (22/9/2022).

Hilman lalu menyinggung soal pentingnya jemaah memahami konsep istitha'ah (kemampuan) yang menjadi syarat haji.

Menurutnya, konsep itu mencakup kemampuan secara fisik (kesehatan) dan juga material (biaya haji).

Dan kewajiban haji ini diperuntukkan bagi mereka yang istitha'ah.

Baca juga: Puluhan Juta Batang Rokok Luffman Impor Ilegal Diamankan Bea Cukai di Kepri

“Jemaah harus lebih diberikan pemahaman terkait istitha'ah, termasuk aspek biaya,” pesan Hilman kepada para pengurus KBIHU yang hadir.

Saat ini, kuota jemaah haji Kota Jakarta Timur paling banyak dibandingkan kota dan kabupaten lainnya di wilayah DKI Jakarta.

Hilman berharap para pimpinan KBIHU ikut membantu memberikan pemahaman dan pencerahan kepada jemaahnya terkait konsep istitha'ah, pembatasan kuota, termasuk masalah pembatasan usia jemaah haji.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved