Breaking News:

KEUANGAN

Tarif Tol Bakal Naik, Ekspedisi Bersiap Naikkan Tarif Paket Barang

Pengusaha ekspedisi bersiap menaikkan tarif pengiriman barang menyusul rencana kenaikan tarif tol. Sebelumnya mereka sudah terimbas kenaikan harga BBM

Kompas.com/Roderick Adrian Mozes
Pengusaha ekspedisi bersiap menaikkan tarif pengiriman barang menyusul rencana kenaikan tarif tol. Sebelumnya mereka sudah terimbas kenaikan harga BBM. Ilustrasi jalan tol. 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Tarif tol dikabarkan akan mengalami kenaikan. Rencana kenaikan tarif tol itu disampaikan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Imbas kenaikan tarif tol itu akan ikut mengerek biaya operasional industri jasa pengiriman setelah sebelumnya ada kenaikan harga BBM.

Sekjen Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia (Asperindo) Trian Yusema mengatakan, perusahaan jasa pengiriman akan ikut menaikkan tarif agar bisa mengimbangi beban biaya operasional akibat inflasi.

"Kenaikan tarif jalan tol memang menjadi salah satu variabel naiknya biaya operasi kami. Keadaan ini tentunya menyebabkan kita juga akan melakukan penyesuaian terhadap kenaikan tarif yang secara agregat minimal naik 25 persen," kata Trian dikutip dari KONTAN, Senin (26/9/2022).

Namun, pihaknya tetap optimis tren permintaan di industri jasa pengiriman untuk logistik masih meningkat tahun ini.

Sebelum harga BBM resmi naik, kenaikan tarif tol sudah diberlakukan oleh Kementerian PUPR di beberapa ruas tol.

Baca juga: PRAKIRAAN Cuaca Batam, Selasa 27 September 2022 Masih Berpotensi Hujan Ringan

Salah satunya adalah tarif tol pada ruas jalan Tol Pasir Koja - Soreang (jalan tol dalam kota) yang dikelola oleh PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ).

Pengelola menaikkan tarifnya naik sebesar Rp500 pada setiap golongan kendaraan sejak 10 Juli 2022 lalu.

Kebijakan menaikkan tarif tol tersebut mengikuti regulasi yang ada dengan mengikuti Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No 570/KPTS/M/2022 tanggal 13 Juni 2022 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Pasir Koja - Soreang (Jalan Tol Dalam Kota).

Lebih lanjut kenaikan tarif di beberapa ruas tol pada kuartal-I 2022 juga telah diberlakukan di Tol Dalam Kota, ruas tol Nusa Dua - Ngurah Rai - Benoa, tol Surabaya - Mojokerto, Cikampek - Palimanan, Gempol - Pandaan, Kunciran - Serpong, Jakarta - Bogor - Ciawi, Cinere - Jagorawi Seksi 1&2, Pondok Aren - Serpong, jalan Tol Tangerang - Merak, Jalan Tol Soreang - Pasir Koja, Jalan Tol Pandaan - Malang. (kontan.co.id)


*Sumber : Kontan.co.id

 

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved