Breaking News:

Aliran Air Sudah Normal Kembali, Ini Penjelasan SPAM Batam

Sempat terjadi pemadaman aliran air di sejumlah daerah di Kota Batam pada Rabu (27/9/2022) kini sudah berangsur normal.

Ist
SPAM Batam telah merespon perubahan ini dengan melakukan pengembangan infrastruktur pembayaran melalui Aplikasi Mobile "Air Minum Batam". 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Sempat terjadi pemadaman aliran air di sejumlah daerah di Kota Batam pada Rabu (27/9/2022) kini sudah berangsur normal.

Diketahui, sebelumnya gangguan listrik PLN di Instalasi Pengelolaan Air (IPA) di Duriangkang sejak pukul 02.53 WIB hingga pukul 04.57 WIB menjadi penyebabnya.

"Saat ini proses normalisasi sudah dimulai, namun membutuhkan waktu yang cukup bervariasi hingga normal kembali," ujar Corporate Communication SPAM Batam kepada Tribun Batam, Rabu (28/9/2022).

Seperti yang diketahui DAM Duriangkang sendiri merupakan jantungnya air di Kota Batam ini. Lebih dari 86 persen air diambil dari Duriangkang.

Sehingga saat aliran terganggu maka otomatis suplay air ke pelanggan pasti ikut tergantung, dari yang normal menjadi mengecil hingga terhenti.

"Kendati demikian aliran listrik saat ini telah normal kembali dan sekarang tahap normalisasi namun beberapa daerah ada yang masih menunggu beberapa waktu untuk tahap aliran air kembali normal," jelasnya.

Artinya masyarakat yang berdomisili di bagian hilir harus sedikit menunggu hingga waktu yang cukup lama.

Saat aliran listrik sudah kembali normal, maka air langsung dialirkan ke masyarakat.

"Waktu hidupnya air juga tergolong berbeda dan tidak semuanya serentak," katanya.

Selain itu, letak pemukiman yang tergolong tinggi atau perbukitan juga sedikit lambat karena air mengalir butuh waktu aliran.

Pihaknya tidak bisa memastikan beberapa jam proses aliran air pasca hambatan dari aliran listrik dari PLN tersebut. Mengingat penggunaan air setiap wilayah selalu berbeda-beda.

Namun, gangguan listrik di Dam Duriangkang telah normal, ia berharap pelanggan yang diawal pipa dapat bertoleransi menggunakan air seperlunya
sehingga pelanggan yang dibagian hilir perpipaan
dapat bisa kembali menikmati aliran air dengan baik. (ron).

(TRIBUNBATAM.id/ Ronnye Lodo Laleng)

Caption : SPAM Batam.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved