Breaking News:

BATAM TERKINI

Bantuan Kesehatan Daerah Pemko Batam Masih Sisa 2.894 Orang, Ini Persyaratannya

Dinkes Batam menyebut, masyarakat kurang mampu yang menunggak iuran BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan bantuan kesehatan daerah Pemko Batam ini.

TribunBatam.id/Hening Sekar Utami
Kasi Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Dinkes Kota Batam, Nurliyasman (kanan), menjelaskan tentang Program Bankesda, di kawasan Bengkong, Batam, Rabu (28/9/2022). Kuota bantuan kesehatan daerah di Batam masih tersisa 2.894 orang. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kuota penyaluran bantuan kesehatan daerah (Bankesda) bagi masyarakat kurang mampu di Kota Batam masih tersedia untuk 2.894 orang.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, telah menyediakan kuota sebesar 47.000 untuk kepesertaan program Bankesda di tahun 2022.

Jumlah anggaran yang dipersiapkan untuk program ini mencapai kurang lebih Rp 30 miliar, namun anggaran yang baru terpakai baru mencapai Rp 18 miliar.

Hal ini dikarenakan, jumlah peserta Bankesda yang sudah terdaftar belum memenuhi kuota, melainkan baru mencapai 44.106 orang.

"Ini menjadi PR kami (Dinkes Batam), bagaimana dalam waktu kurang dari empat bulan ini sisa kuota yang belum terisi dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan," ujar Kasi Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Dinkes Kota Batam, Nurliyasman, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Awas Demam Berdarah, Dinkes Batam Catat 85 Kasus Selama Agustus 2022

Ia menjelaskan, Bankesda ini merupakan program pemerintah daerah yang sangat bermanfaat dan sebaiknya dipergunakan oleh masyarakat Batam yang kurang mampu untuk membantu biaya kesehatan.

Melalui kepesertaan Bankesda, biaya layanan kesehatan masyarakat dapat ditanggung oleh pemerintah daerah.

Selain itu, masyarakat kurang mampu yang menunggak iuran BPJS juga bisa memanfaatkan program Bankesda untuk menghentikan sementara arus pembayaran uang premi bulanannya agar dapat membayar sisa tunggakan.

Cara mendaftarkan diri dalam kepesertaan Bankesda, masyarakat dapat terlebih dulu mengurus surat pengantar dari RT dan RW.

Kemudian mengurus surat keterangan miskin di Kelurahan, lalu mendapat rekomendasi dari Dinas Sosial, mengajukan pendaftaran ke Dinkes maksimal tanggal 20 setiap bulannya.

Baca juga: Perpustakaan Daerah Natuna Dapat Bantuan Ratusan Buku dari CSR Gramedia Batam

Setelah itu peserta akan memperoleh kartu Bankesda.

"Program Bankesda ini tujuan utamanya adalah untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC), yang mana, Kota Batam masih berada di angka 92, atau di bawah standar UHC," jelas Nurliyasman.

Ia berharap hingga akhir tahun ini masyarakat dapat mengisi sisa kuota kepesertaan Bankesda yang masih tersedia.

Di tahun 2023 mendatang, Pemko Batam berencana kembali mengalokasikan anggaran untuk sekitar 50.000 peserta Bankesda.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Program Bankesda, masyarakat dapat menghubungi nomor kontak (0778) 325 322.(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved