Breaking News:

Polisi Gerebek Penampungan Calon PMI Ilegal di Tanjungpinang yang Akan Dikirim ke Malaysia

Polisi menggerebek tempat penampungan calon PMI Ilegal di Tanjungpinang, Senin (26/9). Ada tiga calon PMI yang mau diberangkatkan ke Malaysia

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
Dok.Satreskrim Polresta Tanjungpinang/Tribun
Satreskrim Polresta Tanjungpinang menggerebek tempat penampungan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal di Jalan Tugu Pahlawan, Gang Bayam, Kelurahan Bukit Cermin Tanjungpinang, pada Senin (26/9/2022). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Satreskrim Polresta Tanjungpinang menggerebek tempat penampungan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan diberangkatkan ke Malaysia melalui jalur ilegal.

Penggerebekan tempat penampungan calon PMI tersebut dilakukan di sebuah rumah yang terletak di Jalan Tugu Pahlawan, Gang Bayam, Kelurahan Bukit Cermin Tanjungpinang, pada Senin (26/9/2022) sekitar pukul 17.00 WIB.

Kasatreskrim Polresta Tanjungpinang, AKP Ronny Burungudju menyebutkan, penggerebekan ini berdasarkan informasi masyarakat.

Setelah melakukan penyelidikan dan penggerebekan, Tim Satreskrim menemukan tiga orang pria. Mereka rencananya akan diberangkatkan ke Malaysia melalui jalur ilegal.

"Tiga orang ini dijanjikan oleh tersangka inisial H, untuk diberangkatkan ke Malaysia lewat jalur tidak resmi. Setelah itu, kita amankan H di rumahnya di Jalan Agus Salim," ujar AKP Ronny, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Kirim Ratusan PMI Ilegal dari Batam Sejak 2016, Mantan PMI Ditangkap Polda Kepri 

Disampaikannya, dari hasil pemeriksaan, tiga orang calon PMI ini telah menyetorkan uang senilai Rp 6 juta per orang kepada H.

Setelah menerima uang tersebut, pelaku H tidak kunjung memberangkatkan mereka. Para PMI itu pun telah berada di rumah tersebut selama dua pekan lebih.

"Korban berasal dari daerah Banten dan Surabaya. Mereka ditawari rekannya. Katanya si H yang berada di Tanjungpinang bisa membantu menyebrang ke Malaysia," ungkapnya.

AKP Ronny meyakini, pelaku H diduga sudah lebih dari satu kali memberangkatkan PMI ke Malaysia melalui jalur ilegal.

"Pengakuannya pernah memberangkatkan PMI ilegal di tahun 2018. Namun kita tetap mendalami lagi," sebutnya.

(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved