Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

30 Pelaku IKM Tanjungpinang Dapat Pelatihan terkait Industri Rumah Tangga Pangan

30 pelaku IKM yang ikut pelatihan Disdagin Tanjungpinang ini berasal dari anggota sentra IKM makanan ringan di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
Dok.Diskominfo Tanjungpinang
Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Tanjungpinang saat membuka pelatihan keamanan pangan (PKP) dan fasilitas pangan industri rumah tangga (PIRT), Kamis (29/9/2022) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Perindustrian rumah tangga pangan di Kota Tanjungpinang kian meningkat. Pelaku industri perlu mengembangkan usahanya baik dari segi fasilitas dan permodalan.

Agar tercapainya hal tersebut, 30 pelaku industri kecil menengah ( IKM) mengikuti pelatihan keamanan pangan (PKP) dan fasilitas pangan industri rumah tangga (PIRT) yang diadakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Tanjungpinang, Kamis (29/9/2022).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Bambang Hartanto mengatakan, pelatihan ini sebagai wujud pertumbuhan industri rumah tangga pangan di Tanjungpinang yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Ia menilai, sudah seharusnya Pemko Tanjungpinang memberikan perhatian melalui pembinaan pengembangan usaha, baik berupa permodalan maupun peralatan.

"Yang tidak kalah penting adalah pembinaan penyehatan pengelolaan produk makanan itu sendiri agar pangan yang dihasilkan menjadi aman dan layak bagi konsumen," ucap Bambang.

Menurutnya, dengan mendapatkan pelatihan ini, pelaku usaha kecil yang sedang merintis usahanya bisa memahami bagaimana menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan mempunyai daya saing.

Mulai dari pemilihan bahan baku, pengolahan, penyimpanan hingga penyajian ke konsumen.

Baca juga: JELANG Ramadhan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pastikan Stok Pangan Tanjungpinang Aman

Dengan begitu, pengolahan industri rumah tangga pangan yang aman dan layak akan ikut menunjang industri pariwisata sekaligus berkontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Tanjungpinang.

"Ikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, supaya nanti bukan hanya sudah punya nomor register PIRT, tapi juga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanjungpinang, Riany menjelaskan, peserta yang ikut pelatihan ini berasal dari anggota sentra IKM makanan ringan di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur, sesuai lokus pengembangan sentra IKM melalui dana alokasi khusus non fisik bidang IKM tahun anggaran 2022.

Baca juga: 30 IKM di Tanjungpinang Ikut Pelatihan Kewirausahaan yang Dibuat Pemko

“Peserta nantinya diberikan materi oleh narasumber dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Tanjungpinang seperti perundang-undangan terkait keamanan pangan, pedoman cara produksi pangan yang baik, bahan-bahan tambahan pangan,” kata Riany.

Selain itu juga diberi pelatihan dari segi aspek sanitasi dan kebersihan, pengemasan dan label, hingga sistem manajemen keamanan pangan IRTP. (TRIBUNBATAM.id/Rahma Tika)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved