Breaking News:

LINGGA TERKINI

Pendaftar Panwascam di Lingga Membeludak Namun Partisipasi Perempuan Masih Minim

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni sebut, dari 167 pendaftar Panwascam, keterwakilan perempuan di setiap kecamatan masih minim dari kuota 30 persen

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
Dok. Bawaslu Lingga
Sejumlah warga Lingga, Kepri mendaftarkan dirinya sebagai Panwascam jelang Pemilu 2024, belum lama ini 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Sebanyak 167 warga Lingga mendaftarkan dirinya menjadi calon Panitia Pengawas Kecamatan ( Panwascam) untuk Pemilu 2024 di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

167 warga Lingga itu terdiri dari 126 laki-laki dan 41 perempuan. Sementara pendaftaran untuk calon Panwascam di Lingga sudah dibuka sejak 21-27 September 2022.

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni mengatakan, berdasarkan analisis kebutuhan jumlah pengawas, Bawaslu Lingga memerlukan Panwascam sebanyak 39 orang untuk 13 kecamatan.

Zamroni menerangkan, jika sampai batas pendaftaran, belum terpenuhi kebutuhan 30 persen keterwakilan perempuan di setiap kecamatan, maka Bawaslu akan melakukan perpanjangan proses pendaftaran selama 7 hari dimulai pada 2 hingga 8 Oktober 2022.

Dari sisi keterwakilan perempuan 30 persen, jumlah ini dianggap masih belum mencukupi.

“Sejauh ini ada 4 kecamatan, yakni Lingga Utara, Senayang, Katang Bidare dan Temiang Pesisir yang berpotensi perpanjangan karena belum tercukupi keterwakilan perempuan 30 persen dari dua kali kebutuhan,” terang Zamroni, baru-baru ini.

Menurutnya, sesuai aturan dan ketentuan pedoman pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilu serentak tahun 2024, dalam pendaftaran wajib memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan di setiap kecamatan.

Baca juga: Antusias Pendaftar Tinggi, 223 Warga Batam Melamar Jadi Panwascam

“Jika keterwakilan perempuan tidak terpenuhi maka akan diperpanjang kembali pendaftaran. Kita mengupayakan ada srikandi-srikandi di Lingga yang ikut menjaga pesta demokrasi tahun 2024 ini,” jelasnya.

Bawaslu mengajak kaum perempuan, untuk mendaftarkan diri sebagai pengawas Pemilu 2024 dengan mendaftarkan diri sebagai panwascam.

“Kami mengimbau masyarakat Lingga terutama kaum perempuan agar ikut berperan mengawasi pemilu, terutama di empat kecamatan itu,” ungkapnya.

Persyaratan utama calon anggota panwaslu kecamatan, yakni WNI berusia minimal 25 tahun yang berdomisili di wilayah Lingga dengan dibuktikan dengan KTP elektronik, pendidikan minimal lulusan SMA dan sederajat, tidak ada ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

Pihaknya pun saat ini melakukan penelitian berkas pendaftar terlebih dahulu, baru lanjut ke perpanjangan proses pendaftaran.

Sementara untuk proses pemeriksaan administrasi, akan dilaksanakan mulai tanggal 28 hingga 30 September 2022.

Baca juga: Antusias Pelamar Panwascam di Tanjungpinang Tinggi, Bawaslu Terima 122 Berkas

Zamroni menjelaskan, proses selanjutnya adalah pengumuman hasil seleksi administrasi pada 12 Oktober 2022.

Bagi yang lolos akan mengikuti tahap seleksi berikutnuya yakni computer assited tes atau CAT.

”Setelah itu, tahapan selanjutnya akan dilaksanakan ujian CAT dipusatkan di dua tempat, yakni Daik Lingga dan Dabo Singkep,” sebutnya.

Bawaslu berharap seleksi ini akan menghasilkan anggota-anggota Panwascam yang memiliki integritas yang tinggi dalam melakukan pengawasan pemilu 2024 mendatang. (Tribunbatam.id/Febriyuanda)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved