Breaking News:

PILPRES 2024

Agus Harimurti Yudhoyono hingga Andika Perkasa, Muncul 3 Nama Disebut Cocok Dampingi Anies Baswedan

Muncul nama-nama dinilai layak dampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Nama-nama tersebut muncul setelah Partai Nasdem mendeklarasikan Capres 2024.

Editor: Anne Maria
ist
Anies Baswedan saat deklarasi capres di Partai Nasdem. Agus Harimurti Yudhoyono hingga Andika Perkasa, Muncul Nama-nama Disebut Dampingi Anies Baswedan. 

TRIBUNBATAM.id- Agus Harimurti Yudhoyono hingga Andika Perkasa, beredar nama-nama dinilai layak mendampingi Anies Baswedan dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal itu seperti diungkapkan oleh pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga.

Ia menyebutkan setidaknya ada tiga nama yang dinilai layak jadi calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Anies Baswedan.

Adapun ketiga kandidat yang dinilai bakal jadi pendamping Anies Baswedan itu di antaranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Khofifah Indar Parawansa serta Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Sebelumnya nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga sudah masuk dalam radar Partai NasDem.

Namun akhirnya Partai NasDem mengumumkan Anies Baswedan sebagai Capres usungan partainya, dari tiga nama yang masuk dalam bursa kandidat Capres Nasdem.

Jamiluddin kemudian membeberkan beberapa kriteria yang dimiliki oleh ketiga sosok pendamping Anies Baswedan tersebut.

Baca juga: Bak Sinyal Akan Duet, AHY Respons Langkah NasDem Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024

Baca juga: Reaksi Gibran Rakabuming soal AHY Sebut Kinerja Presiden Jokowi Tinggal Gunting Pita

Pertama, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrat.

Kata dia, AHY merupakan politikus yang masih sangat muda namun memiliki elektabilitas moncer.

Di mana dalam hasil survei Charta Politika menunjukkan, elektabilitas AHY 7,2 persen, sementara hasil survei Poltracking, elektabilitas AHY 11,7 persen.

"Ini artinya, AHY bila dipasangkan dengan Anies akan berkontribusi mengerek elektabilitas. AHY akan membantu Anies secara signifikan untuk menambah pundi-pundi suara guna memenangkan Pilpres 2024," kata Jamiluddin dalam keterangannya, Rabu (5/10/2022).

Kedua, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dari segi elektabilitas kata Jamiluddin, berdasarkan hasil dua lembaga survei tersebut masing-masing 3,7 persen dan 3,7 persen.

Dengan begitu, elektabilitas Andika berada di bawah Anies dan Khofifah.

Karena itu, keterpilihan Andika untuk membantu suara Anies masih jauh dibawah AHY dan relatif tidak jauh dengan Khofifah.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved