Breaking News:

PUBLIC SERVICE

Prosedur Mengurus Izin Tinggal di Indonesia bagi WNA, Ikuti Panduan dan Syaratnya

Untuk mengajukan permohonan Izin Tinggal Terbatas, bisa dilakukan oleh WNA atau penjamin dengan mengisi formulir permohonan dan persyaratan.

Dok Kantor Imigrasi kelas I Batam
Foto ilustrasi pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM -   Tidak sedikit industri di Kota Batam, yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Untuk tenaga kerja asing yang akan bekerja di Indonesia wajib mengurus Izin Tinggal Terbatas (ITAS).

Izin Tinggal terbatas diberikan kepada orang asing yang masuk wilayah Indonesia dengan visa tinggal terbatas atau orang asing yang diberikan alih status dari Izin Tinggal kunjungan (ITK).

Humas Imigrasi Kelas I Tanjungpinang  khusus Batam, Tessa mengatakan saat ini orang asing yang tinggal di Kota Batam cukup banyak, baik sebagai tenaga ahli di perusahaan dan juga investor.

Permohonan Izin Tinggal Terbatas, diajukan oleh Orang Asing atau Penjamin dengan mengisi formulir permohonan dan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan kepada Kepala Kantor Imigrasi atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal Orang Asing.

Permohonan Izin Tinggal Terbatas bagi Orang Asing yang masuk wilayah Indonesia dengan Visa tinggal terbatas harus diajukan dalam waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari sejak Tanda Masuk diberikan.

Dalam hal permohonan Izin Tinggal terbatas tidak diajukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan, dikenai biaya beban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Cara Membuat Visa ke Luar Negeri secara Online, Siapkan Persyaratan Ini

Baca juga: Syarat Dilonggarkan, Begini Cara Mengajukan Visa Umrah Terbaru 2022

Perpanjangan Izin Tinggal Terbatas diberikan oleh Kepala Kantor Imigrasi yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal orang asing untuk jangka waktu paling lama 1 (satu) tahun, dan diberikan paling banyak 5 (lima) kali berturut-turut.

Perpanjangan yang pertama dan kedua dilaksanakan Kepala Kantor Imigrasi setelah mendapat persetujuan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini Kepala Divisi Keimigrasian.

Perpanjangan yang ketiga sampai dengan kelima dilaksanakan Kepala Kantor Imigrasi setelah mendapat persetujuan tertulis Direktur Jenderal Imigrasi melalui pertimbangan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini Kepala Divisi Keimigrasian.

Visa yang dikeluarkan oleh Imigrasi kelas I Tanjungpinang di Batam meliputi : 

1.Orang Asing dalam rangka penanaman modal

2.Bekerja sebagai tenaga ahli;

3.Melakukan tugas sebagai rohaniawan

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved