Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Gedung Sentra UKM di Tanjungpinang segera Rampung, Bakal Jadi Pusat Belanja Wisatawan

Gedung sentra UKM di Tanjungpinang ini nantinya menjadi tempat untuk mewadahi semua produk IKM dan UKM. Pembangunan ditargetkan rampung November ini

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Rahma Tika
Gedung sentra UKM di Tanjungpinang yang sedang proses pengerjaan dibangun dua lantai. Targetnya bulan November ini pembangunan rampung, selanjutnya bisa ditempati para pelaku usaha memasarkan produknya. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Upaya mendukung pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dalam waktu dekat gedung sentra UKM di Tanjungpinang sudah dapat ditempati sebagai tempat promosi produk dan pelatihan mengemas produk.

Berbagai strategi dan upaya kolaborasi dengan berbagai pihak pun dilakukan untuk membantu IKM dan usaha kecil dan menengah (UKM) di Tanjungpinang semakin berkembang, bahkan bisa merambah ke pasar global.

"Gedung ini sebagai pusat UKM kita. Dibangun dua lantai, pertama untuk display seluruh hasil produk IKM dan lantai kedua dimanfaatkan untuk rumah produksi yang dilengkapi alat-alat canggih," ujar Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, Sabtu (5/11/2022).

Ia melanjutkan, para IKM dan UKM terus dilatih untuk meningkatkan kreatifitas, inovasi, ketrampilan, administrasinya, mental wirausaha, hingga perluas pemasaran hasil produknya.

"Selain pengembangan usaha mereka, kita juga mendorong agar produknya tembus ke pasar ekspor, terutama negara tetangga," harap Rahma.

Melalui Pemerintah Pusat, Pemko Tanjungpinang kini sedang progres pembangunan sentra UKM di kawasan Bintan Center, tepatnya di samping kantor dinas perhubungan kota Tanjungpinang. Tahun depan juga akan dibantu Pemerintah Pusat untuk rumah produksi yang disebut dapur produksi.

Baca juga: Rumah Keluarga Penerima Manfaat PKH di Tanjungpinang Akan Dipasang Label Khusus

“Pastinya nanti kita selektif IKM itu harus memenuhi syarat sesuai standar yang ditetapkan," jelasnya.

Melalui IKM dan UKM maju, tentu akan membawa banyak dampak positif untuk perekonomian dan kemajuan di Tanjungpinang.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Tanjungpinang, Riany menuturkan sentra IKM nantinya menjadi tempat untuk mewadahi semua produk IKM.

"Di sentra ini, difasilitasi terkait produksinya, pelatihannya, sampai penjualannya. Jadi terpusat, produknya dijadikan satu sentra sebagai pusat belanja bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Tanjungpinang," kata Riany.

Pembangunannya hampir rampung bulan ini. Ketika rampung, pihaknya sudah menyiapkan produk, IKM, serta SDM-nya.

Sentra UKM ini untuk seluruh pelaku usaha IKM di Tanjungpinang.

Tahap awal, lokus produknya untuk wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur dan di 2023 terus berkembang ke Kecamatan Tanjungpinang Barat, Bukit Bestari, dan Tanjungpinang Kota.

"Alhamdulillah, tahun ini Tanjungpinang sudah memiliki gedung IKM seperti daerah lainnya," pungkasnya. (*/TRIBUNBATAM.id/ Rahma Tika)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved