Breaking News:

Gubernur Kepulauan Riau Dukung Internet Expo APJII Kepri Jadi Event Tahunan

Internet Expo APJII Kepri 2022 di One Batam Mall dibuka oleh Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Jumat (11/11/2022) serta mendukung event tersebut.

Penulis: Aminudin | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Aminuddin
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad saat meninjau event Internet Expo 2022 APJII Kepri 2022 di One Batam Mall, Jumat (11/11/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepri Ansar Ahmad menekan tombol virtual tanda resminya Internet Expo Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia atau APJII Kepri 2022, Jumat (11/11/2022).

Internet Expo APJII Kepri 2022 yang dibuka oleh Gubernur Kepri itu diselenggarakan di One Batam Mall yang diikuti puluhan perusahaan provider internet di Provinsi Kepulauan Riau.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, Internet Expo APJII Kepri 2022 merupakan ajang yang patut didukung karena banyak berkaitan dengan pengembangan infrastruktur Internet di Kepulauan Riau.

"Ini merupakan kegiatan yang patut kita dukung karena memberikan perkembangan yang bagus buat internet di Kepulauan Riau,"kata Ansar Ahamad.

Saat ini kata dia hampir semua aktivitas berkaitan dengan dunia digital. Hampir apa saja kegiatan baik, pengadaan harus digitalisasi.

Baca juga: Pengurus APJII Kepri Kunjungi Tribun Batam, Pengguna Internet Tumbuh Pesat Selama Pandemi

Namun di Provinsi Kepulauan Riau, pengembangan dunia digital masih membutuhkan banyak penyelesaian.

"Soal digitalisasi saya katakan sebuah keniscayaan, karena memang Kepri kepulauan yang terbedar di Indonesia. Bayangkan wilayah laut kita 96 persen, wilayah darat kita hanya berapa persen. Kita ada 2.480 pulau, dari jumlah itu baru 300-an pulau yang berpenghuni. Kondisi ini membutuhkan infraatruktur digital yang handal," ucap Ansar Ahmad.

Kepada stakeholder terkait, Ansar Ahmad mengajak untuk turut membantu pemerintah mengembangkan insfrastruktur digital di Kepulauan Riau.

"Karena pemerintah terbatas tangannya, pendek, maka tanpa ada kerjasama bersama terutama APJII Kepri, pemerintah tidak bisa melakukan upaya percepatan pembangunan internet secara optimal,"katanya.

Ansar menegaskan, dirinya akan mendorong Internet Expo 2022 APJII Kepri 2022 untuk terus berkelanjutan.

"Mudah-mudahan kedepan kita bisa pikirkan bagaimana kegiatan ini bisa berskala internasional, kita akan berkaloborasi dalam rangka mendorong dunia digital di Kepulauan Riau," harap Gubernur Kepri itu.

Baca juga: Pelajar SDN Mentuda Lingga Ikuti ANBK di Hutan Gegara Kesulitan Internet

Sementara Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII Kepri, Donal Pangihutan mengatakan, Internet Expo 2022 APJII Kepri 2022 merupakan kali pertama di gelar di Provinsi Kepulauan Riau.

"Ini merupakan kali pertama kita gelar. Mungkin event ini yang terbesar. Kami berterima kasih pada banyak pihak, mulai dari pemerintah dimana kepala daerah sudah sangat mendukung. Tentunya dari sponsorship dan dukungan dari teman-teman APJII Pusat," katanya kepada TribunBatam.id.

Meski baru perdana digelar di Kepulauan Riau, namun penyelenggaraan perdana Internet Expo cukup berkesan karena dihadiri sejumlah perwakilan APJII dari berbagai cabang di Indonesia.

Pada kesempatan sama, APJII Kepri menetapkan hari penyelengaraan Internet Expo sebagai hari kebangkitan ekonomi digital.

"Hampir tiga tahun kita terdapampak oleh pandemi Covid-19, ini adalah momen-momen dimana kita sudah mulai stabil. Kita akan rebut segala peluang yang ada kini untuk menggaungkan kebangkitan ekonomi digital," ucapnya.

Baca juga: 4 Cara Sederhana Mengatasi Kecanduan Internet yang Patut Kamu Coba

Terkait Internet Expo 2022, Donal Pangihutan mengatakan kedepan kegiatan akan dijadikan sebagai agenda tahunan.

"Seperti disampaikan pak Gubernur Kepri tadi di pembukaan, Insya Allah acara ini akan berjalan setiap tahun. Bukan saja akan diadakan skala nasional tapi kedepannya akan dilakukan secara internasional,"katanya.

Donal Pangihutan optimis, langkah membuat event internasional bakalan terwujud pasalnya didukung oleh pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.(TribunBatam.id/Aminuddin)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved