Breaking News:

BURSA PANGLIMA TNI

Siapa yang Isi Jabatan KSAL Setelah Laksamana Yudo Margono Ditunjuk Jadi Panglima TNI

Laksamana Yudo Margono diajukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi calon tunggal Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang ak

Editor: Eko Setiawan
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjadi calon tunggal Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun, Senin (28/11/2022). 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Setelah ditunjuknya Laksanama Yudo Margono menjadi Panglima TNI Oleh Presiden Jokowi, kini kekosongan terjadi di tubuh TNI AL.

Siapa yang nantinya akan menjabat sebgai KSAL.

Terkait hal ini, Pratikno mengatakan Presiden Jokowi kemungkinan sudah memiliki opsi nama-nama yang akan menempati posisi KSAL menggantikan Yudo Margono.

Laksamana Yudo Margono diajukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi calon tunggal  Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun.

Surat Presiden (Surpres) berisi nama Yudo Margono diserahkan secara langsung kepada pimpinan DPR oleh Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno pada Senin (28/11/2022).

Jika DPR menyetujui surpres berisi nama Yudo Margono sebagai calon  Panglima TNI, jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) akan kosong.

Terkait hal ini, Pratikno mengatakan Presiden Jokowi kemungkinan sudah memiliki opsi nama-nama yang akan menempati posisi KSAL menggantikan Yudo Margono.

"Tentu saja pak Presiden sudah menyiapkan beberapa calon," kata Pratikno dalam konferensi pers seperti dikutip dari live streaming Kompas TV, Senin (28/11/2022).

Namun, ia mengatakan pengisian jabatan KSAL akan lebih dulu menunggu jawaban DPR apakah menyetujui surpres tersebut atau tidak.

"Tapi tentu saja kami menunggu proses di DPR untuk persetujuan terhadap usulan calon  Panglima TNI," katanya.

Sebagai informasi pemerintah resmi mengajukan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Surat berisi nama Yudo Margono diserahkan langsung oleh Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno kepada pimpinan DPR, Senin ini.

Setelah surat diterima, DPR akan menindak lanjutinya dengan menyiapkan mekanisme pergantian atau pengangkatan  Panglima TNI yang baru. Adapun komisi yang ditunjuk dalam hal ini adalah Komisi I DPR RI.

Diketahui  Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022 dan memasuki masa pensiun sebagai TNI pada 1 Januari 2023.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Yudo Margono Ditunjuk Presiden Jadi Calon Panglima TNI, Siapa yang Bakal Mengisi Posisi KSAL?

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved