Breaking News:

PERBANKAN

HASIL Survei Bank Indonesia Ungkap Keyakinan Konsumen Terkait Kondisi Ekonomi Mendatang

Hasil survei Konsumen yang dilakukan Bank Indonesia November 2022 mengungkap, konsumen tetap optimis kondisi ekonomi di Indonesia akan tetap terjaga.

KOMPAS.COM
Hasil survei Konsumen yang dilakukan Bank Indonesia November 2022 mengungkap, konsumen tetap optimis kondisi ekonomi di Indonesia akan tetap terjaga. Foto : Ilustrasi 

BATAM,  TRIBUNBATAM.id - Bank Indonesia menyatakan, berdasarkan Survei Konsumen pada November 2022, optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap terjaga.

Hal tersebut terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang sebesar 119,1 pada November 2022, yakni tetap berada pada level optimis.

Terjaganya optimisme konsumen dibandingkan bulan sebelumnya ditopang oleh tetap kuatnya Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) maupun Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini.

Pada November 2022, IEK dan IKE masih tercatat optimis masing-masing sebesar 127,9 dan 110,3, meskipun lebih rendah dari 128,3 dan 112,3 pada bulan sebelumnya, Oktober 2022.

"Ekspektasi konsumen ke depan tetap kuat, ditopang terutama oleh ekspektasi penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi, Erwin Haryono, melalui siaran persnya, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: WALIKOTA Batam Resmikan Ponton Belakang Padang dan Sekupang, Bisa Tampung 80 Orang

Ekspektasi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja pada enam bulan ke depan tetap kuat, terutama di kalangan pendidikan akademi dan pasca sarjana.

Sementara itu, dari sisi usia, masih kuatnya ekspektasi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja ditopang terutama oleh responden usia 51-60 tahun.

Selain itu, ekspektasi konsumen terhadap penghasilan ke depan juga tetap kuat, karena ditopang oleh kelompok responden dengan tingkat pengeluaran lebih dari Rp 5 juta. Sementara, dari sisi usia, tetap optimisme ini didorong oleh responden berusia 20-30 tahun. ( TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)
 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved