Breaking News:

Presiden Jokowi Stop PPKM Mulai Hari Ini

Resmi, Presiden Jokowi menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di seluruh Indonesia hari ini, Jumat (30/12/2022).

(Foto: BPMI Setpres/Rusman)
Presiden Jokowi menghentikan PPKM mulai hari ini, Jumat (30/12/2022). Foto saat Presiden Joko Widodo menghadiri acara Puncak Peringatan HUT ke-58 Partai Golkar, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022). 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Presiden Joko Widodo akhirnya mencabut dan menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM mulai hari ini, Jumat (30/12/2022).

Pencabutan PPKM oleh Presiden Jokowi dipertegas dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022.

Presiden Jokowi mengungkap alasannya menghentikan PPKM di Indonesia.

Menurut Presiden Jokowi, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia sudah melandai, berkaca dari kasus harian Covid-19 pada 27 Desember 2022 yang hanya 1,7 kasus per 1 juta penduduk.

Ia menyebutkan, positivity rate mingguan juga sudah berada di angka 3,3 persen, kemudian bed occupancy rate 4,79 persen.

Baca juga: Presiden Jokowi Sebut Kemungkinan Stop PPKM, Gibran Rakabuming Bereaksi

Serta angka kematian 2,39 persen.

Angka tersebut, kata Jokowi, berada di bawah standar Badan Kesehatan Dunia sehingga pemerintah memutuskan untuk menghentikan PPKM.

"Lewat pertimbangan-pertimbangan yang berdasarkan angka-angka yang ada maka pada hari ini pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM. Jadi tidak ada lagi pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat," kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Rencana Presiden Jokowi menghentikan PPKM sebelumnya ia sampaikan saat memberikan sambutan di acara Indonesia Economic Outlook 2023 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta.

Hal tersebut mengingat situasi pandemi di Tanah Air yang saat ini terus membaik.

Selain itu, kasus harian Covid-19 pada Selasa (20/12/2022) berada di angka 1.200-an.

Baca juga: Izin Vaksin Covid-19 Anak Usia 6 Bulan Terbit, Ini Dosis dan Efek Sampingnya

Sang anak yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sepakat dengan kebijakan pemerintah pusat yang kemungkinan pada akhir tahun ini akan memberhentikan kebijakan PPKM.

Sebelum muncul keputusan itu, putra sulung Presiden Jokowi ini justru sudah lama menginginkan PPKM dicabut.

"Kenapa enggak dari dulu (dihentikan)? Nak aku sih penginnya dari dulu, sejak varian terakhir sudah tidak bahaya. Dan ini trennya menurun," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Kamis (22/12/2022).

Gibran menceritakan keinginannya PPKM dicabut dari dulu karena sudah banyak masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan (prokes), seperti memakai masker.

Oleh karena itu, pemberhentian kebijakan PPKM oleh pemerintah pusat ini membuat Gibran senang.

Meski demikian, dirinya akan tetap menunggu instruksi dari pusat.(TribunBatam.id) (Kompas.com/Ardito Ramadhan)

Sumber: Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved