Breaking News:

LINGGA TERKINI

CUACA EKSTRIM, Rumah Seorang Warga di Desa Batu Belubang Lingga Tertimpa Pohon Kelapa

Rumah seorang warga Desa Batu Belubang, Bakung Serumpun, Lingga rusak tertimpa pohon kelapa akibat cuaca ekstrim, Rabu (4/1/2023).

Penulis: Febriyuanda | Editor: Tri Indaryani
Dok. BPBD Lingga
Rumah seorang warga di Desa Batu Belubang, Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri tertimpa pohon akibat angin kencang, Rabu (4/1/2023)   

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Sebuah rumah warga di Desa Batu Belubang, Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga, Kepri rusak akibat tertimpa pohon kelapa akibat angin kencang, Rabu (4/1/2023).

Pohon kelapa tersebut menghantam bagian atap rumah. Sehingga membuat bagian atap dari asbes tersebut rusak parah.

Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Lingga, Oktanius Wirsal menjelaskan, bahwa peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 06.30 WIB, saat angin kencang melanda wilayah pesisir itu.

"Rumah tersebut milik Kepala Keluarga atas nama Muslim tersebut dihuni 4 jiwa dan semua yang di dalam rumah itu selamat," kata Oktanius kepada TRIBUNBATAM.id.

Pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak keluarga, untuk membantu atap yang rusak tersebut.

Pihaknya telah melakukan Rapid Assessment, di antaranya penilaian kerusakan, kerugian dan pemenuhan kebutuhan dasar untuk pihak pemilik rumah.

Baca juga: CUACA EKSTRIM, Kapolsek Dabo Imbau Wisatawan di Lingga tak Berenang di Pantai

"Sore kemarin kita sudah tanyakan ke pemilik rumah, kerusakan apa saja yang perlu kita bantu, karena kita akan memberikan bantuan langsung, cuma mereka belum bisa menghitungnya," ungkap Kepala BPBD Lingga ini.

Oktanius mengimbau kepada warga di Kabupaten Lingga, untuk rumah yang berada di pohon-pohon besar agar selalu waspada terhadap ancaman saat cuaca ekstrim.

"Jika diperkirakan pohon-pohon besar itu membahayakan, segera ditebang bekerja sama dengan pemerintah setempat, TNI/Polri, biar aman dan tidak menimbulkan korban jiwa maupun materil," imbaunya.

Dia juga menghimbau kepada warga pesisir, untuk memperkokoh rumahnya saat cuaca ekstrim masih melanda ini.

"Mana paku yang kurang kuat, mana papan yang lapuk segera diganti jangan menunggu cuaca buruk, karena membahayakan diri sendiri dan keluarga," tuturnya.

Dia juga memperkenankan kepada warta yang mempunyai informasi kebencanaan, agar bisa melaporkan langsung kepada aparat pemerintah setempat, TNI/Polisi atau hubungi call center BPBD Kabupaten Lingga di 082170004911. (TRIBUNBATAM.id/Febriyuanda)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved