Breaking News:

Bank Indonesia Klaim Cadangan Devisa Meningkat saat Akhir Tahun 2022

Bank Indonesia mencatat jumlah cadangan devisa saat akhir tahun 2022 meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Berikut sejumlah faktornya.

ISTIMEWA
Bank Indoinesia mengklaim cadangan devisa meningkat saat akhir tahun 2022. Foto stan pameran UMKM lokal berbasis syariah yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau, di Nagoya Hill Mall, Lubuk Baja, Batam, Sabtu (2/7/2022). 

TRIBUNBATAM.id - Bank Indonesia mengungkap posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2022 mencapai USD 137,2 miliar.

Jumlah cadangan devisa yang tercatat oleh Bank Indonesia ini meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir November 2022 yang sebesar USD 134,0 miliar.

Peningkatan posisi cadangan devisa pada Desember 2022 ini menurut Bank Indonesia dipengaruhi penerimaan pajak dan jasa serta penarikan pinjaman pemerintah.

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6 bulan impor atau 5,9 bulan impor, dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," jelas Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono dalam keterangan yang diterima TribunBatam.id, Minggu (8/1/2023).

Bank Indonesia pun menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Baca juga: Bank Indonesia Kepri Ungkap Inflasi di Kepri Bulan Desember 2022 Capai 1,11 Persen

Ia menyebutkan, ke depannya Bank Indonesia memprediksi cadangan devisa tetap memadai.

Hal ini didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga.

Seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung proses pemulihan ekonomi nasional. (*/TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved