Breaking News:

BATAM TERKINI

DAFTAR Proyek Pelebaran Jalan Utama Batam, Akses ke Bandara hingga Resort

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengungkapkan daftar jalan utama yang akan dilebarkan tahun 2023 ini. Termasuk akses jalan ke Bandara Hang Nadim.

TribunBatam.id/Ian Sitanggang
Sejumlah jalan di Batam masuk dalam daftar proyek pelebaran jalan yang akan dilakukan tahun anggaran 2023 ini. Termasuk jalan Jenderal Sudirman Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pembangunan infrastruktur jalan masih menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Batam.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyebut jika pihaknya akan kembali menggesa pembangunan jalan hingga akhir tahun nanti.

Dalam pidatonya saat meresmikan RS Awal Bros Botania, Rudi mengatakan jika perencanaan dalam membangun jalan di Kota Batam pun sudah cukup matang dilakukan.

"Saya berusaha maksimal demi mewujudkan Kota Batam yang modern, maju dan menjadi lokomotif perekonomian nasional. Akses jalan darat yang harus diselesaikan. Tidak bisa ditawar-tawar lagi," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam tersebut, Minggu (22/1/2023).

Lalulintas orang yang cukup tinggi menuju Kota Batam adalah alasan utamanya.

Rudi membeberkan bahwa jumlah lalulintas orang yang masuk ke Batam bisa mencapai 200 sampai 300 ribuan.

Oleh karenanya, infrastruktur jalan yang maksimal harus dapat terselesaikan dalam waktu dekat.

Baca juga: Walikota Batam Targetkan Semua Jalan di Belakang Padang Disemenisasi

Jika tidak, maka tingkat kemacetan pun akan berbanding lurus dengan tingginya arus lalulintas orang yang ada.

"Kota Batam dari segala sektor harus sempurna. Tahun 2023 ini akan banyak sekali yang dilakukan untuk pembangunan infrastruktur jalan utama. Akan tetapi, bukan berarti pembangunan jalan lingkungan dikesampingkan. Di era saya menjabat sebagai wali kota, ada anggaran yang dikucurkan untuk membangun jalan-jalan lingkungan seluruh perumahan. Hampir 80 persen jalan lingkungan pun hampir selesai," bebernya lagi.

Rudi memperkirakan, pembangunan seluruh jalan, baik jalan utama dan jalan lingkungan, akan selesai hingga tahun 2029 mendatang.

"Contoh hari ini, jalan dari Batu Ampar sampai Kampung Seraya atas sudah selesai. Nanti lanjut lagi sampai ke Bandara Hang Nadim Batam," katanya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Batam dan BP Batam akan melakukan pelebaran jalan di sejumlah ruas.

Ada Jalan Hang Jebat Batu Besar menuju Bandara Hang Nadim Batam.

Panjang jalannya pun sekitar 5,5 kilometer.

Tidak hanya pelebaran Jalan Hang Jebat Batu Besar menuju Bandara Hang Nadim Batam, pemerintah juga menggesa pembangunan di ruas jalan arteri lainnya.

Seperti Jalan Yos Sudarso (Ruas Underpass Pelita - Nagoya Gate) tahap 4. Jalan ini diperkirakan sepanjang 2,4 kilometer.

Selain itu, ada pula jalan koridor utama Pelabuhan Punggur menuju Bandara Hang Nadim Batam (Simpang Laluan Madani - Simpang Bundaran Punggur). Panjangnya pun sekitar 9 kilometer.

Lalu jalan koridor utama Pelabuhan Punggur ke Bandara Hang Nadim Batam lainnya (Bundaran Punggur - Simpang Bandara Hang Nadim Batam). Panjangnya sekitar 2,6 kilometer.

Sepanjang jalur tersebut nantinya akan dikembangkan jalan yang semula memiliki dua, tiga, dan empat lajur, seluruhnya akan dilebarkan menjadi lima lajur kiri dan kanan. (TRIBUNBATAM.id/Ichwan Nurfadillah)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved