Breaking News:

LINGGA TERKINI

Pemilu Serentak, Yayasan Kajang Minta Bawaslu Lingga Sosialisasi ke Suku Laut

Ketua Yayasan Kajang menilai tingkat kerawanan Suku Laut Lingga dalam partisipasi Pemilu Serentak 2024 cukup tinggi. Ia meminta Bawaslu turun tangan.

Penulis: Febriyuanda | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
Potret Ketua Yayasan Kajang, Densy Diaz saat bersama masyarakat Suku Laut Kabupaten Lingga. Dia mengajak Bawaslu sosialisasi Pemilu ke suku laut untuk mengedukasi tentang Pemilu Serentak 2024. 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Yayasan Kajang Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri meminta Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Lingga agar bisa memberikan sosialisasi Pemilu kepada masyarakat suku laut atau Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Ketua Yayasan Kajang Kabupaten Lingga, Densy Luzianti menilai penting masuknya Bawaslu Lingga untuk mengedukasi warga Suku Laut di sana tentang Pemilu Serentak 2024.

Tingkat kerawanan Pemilu 2024 bagi masyarakat suku laut Lingga menjadi salah satu faktor utamanya.

Densy menjelaskan, hal tersebut bertujuan agar sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat suku laut, agar mereka paham apa yang mereka pilih.

"Jangan sampai mereka salah memilih calon," ujar wanita yang akrab disapa Densy Diaz ini.

Baca juga: Dua Anggota Baru PDIP Kepri Siap Beri Kejutan di Pemilu Serentak 2024

Dia mengungkapkan, bahwa banyak kejadian pada Pemilu 2019 lalu, masyarakat suku laut ini tidak mengerti mencoblos surat suara.

Bahkan calon yang berada di dalam surat suara mereka coblos semua dan mengakibatkan surat suara tersebut menjadi tidak sah.

Menurut Densy, selama ini Bawaslu Lingga belum pernah mensosialisasikan ke perkampungan masyarakat suku laut.

"Jadi untuk tahun 2024 nanti kami mengajak agar Bawaslu mau bekerja sama dengan Yayasan Kajang untuk mensosialisasikan Pemilu yang baik dan benar bagi masyarakat suku laut, sehingga terciptanya Pemilu yang memiliki integritas," tuturnya.

Baca juga: Bawaslu Lingga Buka Pendaftaran Panwaslu Desa dan Kelurahan, Berikut Syaratnya

Ketua Banwaslu Lingga, Zamroni menerangkan, bahwa setiap Pemilu atau Pilkada merea selalu memberikan sosialisasi ke masyarakat, termasuk suku laut.

"Seperti pada Pemilu 2019 dan Pilkada 2020, kita selalu lakukan sosialisasi ke masyarakat termasuk suku laut dalam program pengawasan partisipatif," kata Zamroni kepada TribunBatam.id, Senin (23/1/2023).

Zamroni pun mengungkapkan, program tersebut direncanakan akan mereka mulai pada pertengahan Februari 2023 ini.(TribunBatam.id/Febriyuanda)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved