Breaking News:

Presiden Jokowi Tegaskan Masa Jabatan Kades Enam Tahun Maksimal Tiga Periode

Presiden Jokowi mempersilahkan wacana memperpanjang masa jabatan kades untuk diusulkan ke legislatif, dalam hal ini DPR RI.

TribunBatam.id via Dok Setkab.go.id/Rusman
Presiden Jokowi menyebut masa jabatan kades masih enam tahun dan maksimal tiga periode sesuai Undang Undang. Foto saat Presiden Joko Widodo disambut pelajar tingkat SD hingga SMA yang menyanyikan lagu “Kota Manado yang Kucintai”, saat tiba di Dermaga Pulau Bunaken, Sulawesi Utara, Jumat (20/1/2023). 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Presiden Jokowi atau Joko Widodo menegaskan terkait masa jabatan kepala desa alias kades yang belakangan ini ramai diperbincangkan.

Menurut Presiden Jokowi, masa jabatan kades masih diatur oleh Undang Undang yang berlaku yakni enam tahun dan maksimal selama tiga periode.

Apa yang disampaikan Presiden Jokowi tentang masa jabatan kades ini sekaligus menjawab soal wacana masa jabatan kades menjadi sembilan tahun.

Sejumlah kepala desa sebelumnya berunjuk rasa pada 17 Januari 2023 depan Gedung DPR RI menuntut soal perpanjangan masa jabatan menjadi sembilan tahun.

"Kan undang-undang (UU)-nya masih enam tahun, tiga periode," ujar Presiden Jokowi usai peninjauan proyek sodetan Sungai Ciliwung di BBWS Ciliwung-Cisadane, Jakarta Timur, Selasa (23/1/2023).

Baca juga: Bupati Lantik 37 Kades se Natuna, Wan Siswandi Ingatkan Pentingnya Tanggungjawab

Presiden Jokowi meminta agar usulan perpanjangan masa jabatan kades dari enam tahun menjadi sembilan tahun disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Presiden menyebutkan, proses terhadap usulan itu ada di legislatif.

"Ya yang namanya keinginan, yang namanya aspirasi itu silakan disampaikan kepada DPR. Tapi yang jelas undang-undang (UU)-nya sangat jelas membatasi enam tahun dan selama tiga periode itu. Prosesnya silahkan nanti ada di DPR," kata dia.

Apa yang disampaikan Presiden Jokowi ini mirip dengan apa yang disampaikan politisi PDIP, Budiman Sudjatmiko.

Ia menyebut pada hari yang sama saat sejumlah kades berunjuk rasa depan Gedung DPR RI, Presiden Jokowi menyetujui usulan masa jabatan kades dari enam tahun menjadi sembilan tahun.

Hanya saja, untuk kelanjutan realisasi dari usulan tersebut diserahkan kepada pihak legislatif.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Sejumlah Menteri Bakal Hadiri HUT ke 50 PDI Perjuangan

Budiman menyebutkan hal itu setelah bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar juga menyatakan mendukung usulan perpanjangan masa jabatan kades.

Oleh karena itu, Mendes Abdul Halim mendorong agar DPR RI bisa segera membahas revisi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang memuat aturan soal masa jabatan kades.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved