Breaking News:

PEMILU 2024

KPU Batam Lantik 192 Anggota PPS Pemilu 2024, Wakil Wanita Lebihi 30 Persen

KPU Batam melantik 192 anggota PPS terpilih untuk Pemilu 2024. Dalam daftar anggota itu, keterwakilan wanita sudah melebihi 30 persen.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
KPU Kota Batam untuk Tribun Batam
Sebanyak 192 anggota panitia pemungutan suara (PPS) terpilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam Kepulauan Riau. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sebanyak 192 anggota panitia pemungutan suara (PPS) terpilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam Kepulauan Riau.

Ketua KPU Kota Batam Martius di Batam mengatakan, di setiap wilayah kelurahan akan ada 3 orang anggota PPS yang bertugas untuk penyelenggaraan Pemilu mendatang.

"Di Batam ada 64 kelurahan dan sudah kita lantik sebanyak 192 orang seluruhnya, karena memang masing-masing kelurahan itu 3 PPS yang bertugas," kata Martius. 

Ia menyampaikan mekanisme untuk menetapkan jabatan ketua PPS akan diserahkan langsung kepada anggota dengan melakukan pleno. 

"Nanti mereka yang akan pleno untuk menentukan Ketua nya, nanti akan kita minta hasil plenonya untuk segera di SK-kan sebagai Ketua dan anggota," ujar Martius. 

Sementara itu, terkait keterwakilan perempuan dalam anggota PPS telah melebihi dari 30 persen.

Baca juga: KPU Lingga Lantik 252 Anggota PPS Pemilu 2024, Ini Tugas Pertama Pasca Dilantik

"Di setiap kelurahan bervariasi anggotanya, ada yang satu kelurahan diisi dua perempuan. Ada juga beberapa kelurahan yang tidak ada perempuannya, jadi laki-laki semua. Tapi secara general sudah melebihi dari 30 persen," kata Martius.

Ia menambahkan dalam pada Pemilu 2024 honor untuk anggota PPS juga mengalami peningkatan menjadi Rp1,5 juta untuk ketua dan Rp1,3 juta untuk anggota dari pemilu sebelumnya.

Dengan begitu Martius berharap hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi anggota PPS dalam meningkatkan kinerja serta netralitas dalam pesta demokrasi mendatang.  

"Honorer Alhamdulillah untuk pemilu tahun ini sudah dapat surat dari Kemenkeu bahwa ada peningkatan. Untuk anggota dapat Rp1,3 juta dan ketua Rp1,5 juta. Sebelumnya Rp 850 ribu anggota, Rp900 ribu ketua," ujarnya. (TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

 

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved