Kriminalitas di Batam

Tergiur Kiriman Dolar & Berlian, Warga Batam Ditipu Teman FB-nya Rp 17 Juta

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi penipuan.

Laporan Tribunnews Batam, Zabur Anjasfianto

TRIBUNNEWSBATAM.COM‎, BATAM- Surtini, warga Bukit Indah Batu Aji, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji, Batam, ditipu oleh teman Facebook yang mencapai belasan juta rupiah, Rabu (10/12/2014).

Akibatnya, mengalami kerugian sebesar Rp 17 juta setelah mentransfer uang ke rekening yang mengaku dari pihak kargo Bandara Soekarno-Hatta.

Surtini mengatakan, tertipu oleh teman Facebook atas nama Evan Coke berkewarganegaraan Brazil. Katanya Evan ingin mengirm paket berisi uang dan berlian kepada Surtini. Untuk itu Surtini harus mengeluarkan uang sebesar Rp 17 juta sebagai biaya  pengiriman di Bandara Soekarno-Hatta.

"Saya dapat paket dari Evan berisi uang dolar dan berlian," ujar Surtini di Polsek Sagulung, Jumat (12/12/12).

Untuk memuluskan paket itu sampai ke tangan Surtini,  pihak kargo Bandara Soekarno-Hatta menguhubungi Surtini atas nama Dwi Agustina supaya mengirim uang sebesar Rp 17 juta itu.

Jika korban tidak mengirim uang tersebut, paket uang dolar dan berlian tidak bisa dikirim. Surtini langsung mentransfer uang Rp17 juta  dengan tiga kali  ke rekening BNI atas nama Dwi Agustina.

"Saya transfer ke rekening BNI atas nama Dwi Agustina dengan tiga kali, yakni Rp10 juta, Rp5 juta dan Rp2 juta. Saya percaya barang akan sampai karena dia ngaku pihak kargo Bandara," katanya Surtini.