Breaking News:

VIRAL! Pedagang Online Ngaku Ditagih Pajak Rp 35 Juta, Ini Jawaban Shopee dan Ditjen Pajak

Cerita seorang penjual di marketplace Shopee yang mengaku mendapat surat tagihan pajak sebesar Rp 35 juta menjadi viral di media sosial.

ISTIMEWA
Cerita pedagang online di shopee kena pajak Rp 35 juta menjadi viral. 

TRIBUNBATAM.id - Cerita seorang penjual di marketplace Shopee yang mengaku mendapat surat tagihan pajak sebesar Rp 35 juta menjadi viral di media sosial.

Dalan unggahan tersebut, penjual mengaku tak tahu adanya pajak dagangan yang dikenakan kepadanya.

"Sekadar info teman2 bagi yang jualan di sh*p*e saya infokan mulai sekarang perhitungkan mengenai penerapan harga jual ya...Karena penjualan kita dr awal sh*p*e sampai sekarang ternyata dihitung dan data kita di sh*p*e dikasih ke kantor pajak. Ini giliran saya kena... Saya harus bayar pajak ke pratama sekian juta... Temen saya juga kena sekitar 35 juta. Yg belum kena tunggu saja. Mulai sekarang perhitungkan jualan di sh*p*e dengan potongan pajak, admin dll Kecuali bagi yang sudah memiliki NPWP. Karena akan terdeteksi langsung biasanya...," tulis akun tersebut.

Adalah akun @txtdarionlshop yang mengunggah cerita itu di Twitter.

Hingga Kamis (25/11/2021) siang, unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 5.684 kali dan disukai oleh 20,7 ribu warganet.

Baca juga: LA NINA Datang Lagi dan Bisa Picu 2 Musibah Ini, Simak Pesan Pakar UGM Untuk Mencegahnya

Baca juga: PRAKIRAAN Cuaca Kepri, Jumat 26 November, Cuaca Buruk Berpotensi Terjadi di 2 Wilayah Ini

Jawaban Pihak Shopee

Sementara itu, Shopee Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan, Shopee tidak melakukan kontak dengan penjual dan kantor pajak.

"Mengenai unggahan sosmed terkait surat dari Kantor Pajak Karanganyar dan Tasikmalaya yang ditujukan kepada salah seorang penjual di Shopee, setelah melakukan pengecekan, kami tidak pernah melakukan kontak dengan penjual tersebut ataupun dengan Kantor Pajak terkait mengenai penjual tersebut," kata Radynal sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Kamis (25/11/2021).

Ia meminta agar masyarakat sadar akan kewajiban pajak sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Selain itu, Radynal menegaskan bahwa Shopee telah menjalankan kewajiban membayar pajak sesuai aturan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved