Citizen-journalism

Jamaah karimun Kompak di Tanah Suci

Jamaah karimun Kompak di Tanah Suci

Jamaah karimun Kompak di Tanah Suci
Tribun Batam/ Istimewa
Nurdin saat menjalankan ibadah haji di mekkah

Citizen Journalism Bupati Karimun Nurdin Basirun dari Tanah Suci

Sehubungan keingintahuan besar masyarakat kita tentang berita yang up to date tentang Kami di tanah suci dalam pelaksanaan jemaah haji tahun ini, saya ingin menyampaikan dalam bentuk tulisan ini.

Sebelumnya saya ingin mengabarkan kalau jemaah haji kita yang berjumlah 115 orang dalam keadaan sehat walafiat dan tidak kurang suatu apa pun.  
          
Niat saya berangkat haji lagi tahun ini secara khusus saya ingin bersama-sama rombongan jemaah haji asal Kabupaten Karimun dan menjadi bagian THPD (tim pemandu haji daerah). Bisa bergabung dengan jemaah haji Kabupaten Karimun jadi hal terpenting dan memang sudah lama saya cita-citakan, atau setahun lalu dan baru sempat tahun ini.

Catatan perjalanan berhaji saya ini, saya awali dari keberangkatan ke tanah suci melalui jalur atau paket keberangkatan haji khusus. Saat itu pada hari Kamis, tanggal 27 Oktober 2011 lalu. Saya lalu berangkat dari Jakarta sehari setelahnya menuju Jeddah.

Sampai di Jeddah saya tidak langsung ke hotel, tapi saya langsung bergabung dengan jemaah haji asal Kabupaten Karimun di Mekkah. Saya dijemput langsung Ustad Zulfan Batubara yang menjadi ketua TPHD di bandara Jeddah sore hari waktu di sini Sabtu tanggal 29 Oktober 2011.

Sampai malam harinya saya bersama pembimbing haji lain bergabung di Mekkah untuk melakukan beberapa ibadah. Saya membantu membimbing kontingen haji kita yang lebih dulu sudah berada di sana berupa beberapa pelaksanaan bagian ibadah haji. Dan sebagian besar sudah laksanakan bersama-sama jemaah haji asal Kabupaten Karimun.

Saat ini, di Arafah malam hari, (Sabtu, 5 Oktober 2011). Saya bersama jemaah dari Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Anambas, akan bersama menginap di dalam tenda di Arafah sebelum melakukan wukuf (bagian dari ritual haji).

Dari seluruh kegiatan haji ini, saya sangat terkesan dengan sikap yang ditunjukkan jemaah kita. Di sini mereka kompak. Dan ini menandakan kalau masyarakat kita sangat tinggi rasa kebersamaannya.

Ini juga membuat saya semakin yakin kita bisa membangun dengan rasa kebersamaan di Kabupaten yang kita cintai.

Selain kompak dengan sesama jemaah haji dari Kabupaten Karimun, saya juga bangga menyaksikan kalau jemaah kita juga terlihat kompak dengan jemaah haji dari Kabupaten Natuna dan Kabupaten Anambas. Saling bahu membahu dan tolong menolong.

Di sini sekarang pagi hari, kersama kami sedang akan melaksanakan shalat sunnah di padang Arafah. Dalam shalat ini dan ritual haji sebelumnya seperti di Mekkah kami selalu memanjatkan doa untuk masyarakat Indonesia umumnya, dan Kabupaten Karimun khususnya, agar selalu dalam situasi aman dan sehjatera.

Di akhir tulisan ini, saya ingin menyampaikan permintaan saya dan jemaah di sini berupa doa restu dari seluruh masyarakat Karimun. Semoga pelaksanaan jemaah haji kami di sini berjalan lancar dan selamat sampai kembali lagi ke tanah air.

Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved