Nasib, Nasib! Disdukcapil Tanjungpinang Kekurangan Blangko, Ini Curhat Kepala Disdukcapil

Disdukcapil Tanjungpinang masih kekurangan blangko e-KTP. Ini curhat Kepala Disdukcapil!

Nasib, Nasib! Disdukcapil Tanjungpinang Kekurangan Blangko, Ini Curhat Kepala Disdukcapil
Tribun Batam/Danang Setiawan
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG- Pemerintah Kota Tanjungpinang mendapatkan alokasi belangko elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) sebanyak 6 ribu lembar. Sedangkan sebanyak 63 ribu warga Kota Tanjungpinang yang sudah melakukan perekaman belum mendapatkan fisik e-KTP.

Baca: BREAKINGNEWS: Kejati Kepri Tetapkan Tersangka Korupsi UT Natuna. Ini Detailnya!

Baca: Jaksa Tuntut Hukuman Mati Polisi Ini, Keluarga Korban Langsung Bersorak. Ini Alasan Jaksa!

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang Irianto menjelaskan jumlah tersebut merupakan warga yang melakukan perekaman sejak 2011 sampai 2016. Namun memang belum dicetak atau mendapatkan fisik e-KTP.

Kini, masalah kembali dihadapi Disdukcapil. Karena meskipun ada 63 ribu yang belum cetak e-KTP, namun alokasi belangko yang diberikan pusat hanya 6.000 lembar tahun ini. Sehingga untuk mencetak 63 ribu e-KTP, pihaknya masih kekurangan 57 ribu lembar. Ia pun akan berusaha mengusulkan penambahan belangko tersebut.

Selain itu kemampuan cetak juga terbatas. Mesin pencetak hanya mampu mencetak 70 belangko perhari. "Printer kita cuma satu yang aktif. Satu lagi setengah hidup setengah mati," katanya, Selasa (11/4/2017).

Adapun jumlah penduduk Kota Tanjungpinang sampai saat ini sebanyak 260.529 jiwa yang terdiri dari 132 ribu penduduk lelaki dan 127 penduduk perempuan. Dari jumlah tersebut 185.089 penduduk wajib KTP.

"Itu berdasarkan data Kementrian Dalam Negeri per 31 Maret 2017," katanya.

Irianto yang baru seminggu menjabat sebagai Kadisdukcapil bertekat untuk membenahi Disdukcapil. Karena menurutnya selama ini juga masih ditemukan kasus KTP ganda dan masalah lainnya yang terjadi di Kota Tanjungpinang.

"Saat ini ada 820 kasus e-KTP, baik itu ganda mapun salah nama dan sebagainya. Ini yang menjadi tugas kita," ujarnya. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved