Mellennial

Waspadalah! Diabetes Mulai Tak Kenal Usia. Begini Cara Mencegahnya

Penyakit Diabetes Mellitus, tidak hanya mengindapi kalangan usia tua, melainkan juga banyak dari usia muda bahkan sejak anak-anak.

Waspadalah! Diabetes Mulai Tak Kenal Usia. Begini Cara Mencegahnya
TRIBUN BATAM
Mellennial 

DIABETES Melitus (DM) memang sudah menjadi penyakit yang banyak menyerang warga Indonesia. Bahkan, menurut data terbaru World Health Organization (WHO) Indonesia berada di posisi ke-4 paling banyak penderita DM di dunia, setelah India, Cina, dan Amerika Serikat (AS).

Diperkirakan, pada 2030 nanti, jumlah penderita DM di Indonesia mencapai 21,3 juta jiwa. Dan, lebih dari 60 persen penderita DM ternyata tidak sadar mereka terkena diabetes.

Penyakit yang menyerang gula darah manusia tersebut, tidak hanya mengindapi kalangan usia tua, melainkan juga banyak dari usia muda bahkan sejak anak-anak.

Baca: CATAT. Lakukan Tujuh Hal Ini Agar Anda Awet Muda

Baca: HEBOH. Driver Ojek Online Cantik Ini Bikin Netizen Gagal Fokus

Para Mellenials kudu waspada dengan penyakit yang berhubungan gaya hidup tersebut.

"Diabetes dapat menyerang anak-anak karena pankreas tidak berfungsi. Jika terkena DM sel beta pankreas akan terserang sehingga tidak bisa menghasilkan insulin bagi tubuh,”kata NS. Susy Arissani, S.Ke, edukator DM di RSBP Batam.

Khusus anak-anak, DM bisa menyerang karena pengaruh susu formula, atau infeksi pada tubuh. Sementara bagi kalangan remaja sampai orang tua, DM mengindapi tubuh lebih karena pola makan yang salam dan gaya hidup tidak sehat.

Seseorang dikategorikan terkena DM jika kadar gula darah melebihi batas normal. Untuk menghitung batas normal, tidak bisa berpatokan satu angka melainkan dihitung sebelum makan (70-130 mg/dL), dua jam setelah makan (kurang dari 180 mg/dL), selama puasa minimal delapan jam (100 gm/dL, dan menjelang tidur (100-140 mg/dL).

Gula darah yang melebihi batas normal ini dikarenakan ada gangguan terhadap pankreas sebagai penghasil insulin.

Halaman
12
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved