Salah Pakai Mesin Cuci Bikin Boros Air dan Listrik. Cek Tips Berikut Ini

Banyak orang salah menggunakan mesin cuci, akibatnya konsumsi listrik dan air jadi berlebihan. Lantas, bagaimana cara yang bernar?

Salah Pakai Mesin Cuci Bikin Boros Air dan Listrik. Cek Tips Berikut Ini
shutterstock
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Banyak orang salah menggunakan mesin cuci, akibatnya konsumsi listrik dan air jadi berlebihan. Coba aplikasikan beberapa poin berikut, kemudian bandingkan konsumsi listrik dan airnya:

Mencuci pakaian sekaligus banyak. Setiap mesin cuci punya kapasitas yang berbeda, ada yang 1kg, 2kg, dan sebagainya. Mengapa tidak kita penuhi saja mesin cuci sesuai kapasitasnya? Dengan demikian pekerjaan mencuci tidak perlu sering dilakukan, konsumsi listrik dan air pun lebih hemat.

Beginilah caranya:

Atur fitur pencucian sesuai bahan pakaian yang dicuci. Mencuci pakaian berbahan katun menggunakan pengaturan fitur pencucian untuk bahan jeans, jelas sebuah kesalahan. Fitur pencucian untuk bahan berat biasanya lebih banyak mengonsumsi listrik. Kalau hanya mencuci pakaian berbahan ringan seperti katun, kaos, dan sebagainya, gunakan fitur yang sesuai, yang konsumsi listrik dan airnya juga lebih rendah.

Untuk mesin cuci, gunakan deterjen yang kadar busanya rendah. Pembilasan lebih cepat dan mudah, bagian dalam mesin cuci pun lebih awet, jadi lebih hemat, kan?

Jangan lupa untuk selalu membersihkan filter air secara berkala dan teratur. Begitu pula dengan bagian-bagian mesin cuci lainnya. Penyumbatan pada filter air, atau exhaust fan yang kotor pada dryer, membuat mesin cuci bekerja ekstra, konsumsi listrik dan airnya pun ekstra.

Baca: Harus Cantumkan Pesan Kesehatan, Produsen Softdrink Protes Kebijakan Pemerintah

Baca: Produk UMKM Bisa Dipasarkan di Mal. Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Baca: Masuk Ruang Terbuka Hijau Tarif Parkir Mirip di Mal. Apa Kata Warga?

Gunakan pengering (dryer) hanya saat cuaca mendung atau hujan. Saat hari cerah dan matahari bersinar terang, lupakan dryer, jemur saja! Biarkan pakaian kering alami.

Itu tadi untuk yang mencuci dengan mesin, bagaimana dengan yang mencuci dengan tangan. Ada beberapa poin yan perlu diperhatikan juga.

Jangan gunakan terlalu banyak deterjen hingga busanya tebal. Taburkan deterjen seperlunya saja, dengan demikian proses pembilasan tidak menghabiskan terlalu banyak air.

Gunakan cara alami untuk membersihkan noda, misalnya cuka, jeruk nipis, atau baking soda, yang efektif menghilangkan noda. Jadi tidak harus menggunakan banyak deterjen atau zat kimia pembersih lainnya. (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help