TribunBatam/

Maknyus! Inilah Menu Spesial Khas Magelangan, Asyik Disantap Habis Keliling Borobudur!

Maknyus! Inilah Menu Spesial Khas Magelangan, Asyik Disantap Habis Keliling Borobudur!

Maknyus! Inilah Menu Spesial Khas Magelangan, Asyik Disantap Habis Keliling Borobudur!
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO
Hidangan ikan beong di rumah makan Sehati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/6/2016) 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG-Setelah melihat rangkaian Waisak di Candi Borobudur, tidak ada salahnya mengobati lelah Anda dengan aneka kuliner Magelang yang memanjakan lidah.

Magelang memang tidak hanya memiliki destinasi wisata tingkat dunia, tetapi kulinernya pun wajib Anda coba selagi melancong ke kota ini.

Baca: Terungkap! 10 Tanda Wanita Punya Libido Tinggi, Nomor 2 dan 4 Bikin Penasaran!

Baca: Mengharukan! Kisah Bule Cantik Jadi Mualaf Sebelum Nikahi Pemuda Ini, Bagaimana Keluarga di Italia?

Berikut KompasTravel rangkum kuliner Magelang, dari ikan khas, sup segar hingga olahan getuk yang bisa menjadi buah tangan Anda.

1. Mangut Beong

Hidangan satu ini benar-benar khas Magelang, selain bumbunya, ikan yang menjadi bahan utamanya pun hanya ada di Sungai Progo Magelang. Mangut beong, terbuat dari ikan beong, ikan air tawar ini direndam di racikan rempah super pedas, dan disajikan dengan nasi panas.

Karena kekhasannya, ikan ini dibanderol cukup mahal disbanding ikan lainnya di pasaran. Uniknya bagian paling mahal justru kepalaya mencapai Rp 20.000.

Bagi Anda yang penasaran, silakan mengunjungi salah satu kedai mangut beong ini di Warung Sehati Selera Pedas, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur. Warung ini berada sekitar 4 kilometer sebelah barat candi, tidak jauh dari jalan utama menuju Kecamatan Salaman, Magelang.

2. Sop Senerek
Masih sekitar hidangan berkuah segar. Sop senerek merupakan sop kuah bening dengan kacang merah sebagai cirikhasnya. Selain kacang merah, di dalamnya berpadu dengan daging sapi, bayam, dan sayuran lainnya.

Halaman
123
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help