WASPADALAH. Kelebihan Asupan Garam Bisa Picu 8 Penyakit Ini

Asupan garam yang berlebihan selalu dikaitkan dengan penyakit tekanan darah tinggi. Faktanya, ada beberapa efek kesehatan lainnya. Cek disini.

WASPADALAH. Kelebihan Asupan Garam Bisa Picu 8 Penyakit Ini
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Asupan garam yang direkomendasikan hanya 2300 miligram (mg) per hari untuk orang dewasa. Namun rata-rata kita melebihi batas tersebut setiap hari. Saat tubuh memiliki kandungan garam tinggi, ini berbahaya bagi kesehatan.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa asupan kelebihan garam selalu dikaitkan dengan penyakit tekanan darah tinggi. Faktanya, ada beberapa efek kesehatan lain akibat konsumsi garam berlebih pada tubuh.

1. Tekanan Darah Tinggi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah efek samping yang paling umum dari makan terlalu banyak garam. Ketika natrium meningkat dalam darah kita, volume darah juga akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan peningkatan tekanan darah. Dalam jangka panjang ini akan menyebabkan komplikasi kronis.

2. Retensi Cairan
Retensi cairan adalah kondisi kelebihan cairan terakumulasi dalam tubuh. Asupan garam meningkat adalah salah satu alasan utama kondisi ini. Hal ini ditandai dengan pembengkakan di tangan dan pergelangan kaki. Minum banyak air dan juga mengurangi konsumsi garam adalah solusinya.

3. Penyakit Kardiovaskular
Menurut sebuah penelitian, asupan garam yang tinggi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

4. Dehidrasi
Saat asupan natrium berlebih di dalam tubuh, tubuh akan mengalami dehidrasi. Ini ditandai dengan rasa haus yang ekstrim, mual, pusing, kram perut, muntah, dan diare.

5. Gastroenteritis
Kelebihan garam dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan perut. Hal ini meningkatkan kemungkinan infeksi Helikobaktor pylori. Akibatnya, peradangan dan pertumbuhan tumor.

6. Masalah Ginjal

Kelebihan garam akan berpengaruh pada hilangnya cairan dan menurunnya fungsi ginjal.

7. Osteoporosis
Jumlah natrium meningkat disusul dengan hilangnya kalsium dari tubuh. Hal ini akan menyebabkan penipisan tulang yang dikenal sebagai osteoporosis. Pada wanita menopause, ini adalah salah satu dampak kesehatan yang serius dari asupan garam berlebih.

8. Stroke
Stroke terjadi ketika pasokan darah ke bagian otak terputus. Hal ini akan mengurangi suplai oksigen, mengakibatkan kematian sel. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko yang paling tinggi mengakibatkan stroke, dan asupan garam berlebih berkontribusi terhadap hal ini. (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved