KSOP Karimun Sidak Kapal Penumpang, Cek Alat Keselamatan Penumpang

KSOP Karimun Sidak Kapal Penumpang, Cek Alat Keselamatan Penumpang. Begini alasannya!

KSOP Karimun Sidak Kapal Penumpang, Cek Alat Keselamatan Penumpang
Tribun Batam/Istimewa
Ilustrasi. Pembagian pelampung untuk Pompong di pelabuhan Sekupang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Keselamatan dalam pelayaran tidak bisa ditawar. Oleh karena itu Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungbalai Karimun terus melaksanakan pengecekan rutin terhadap alat keselamatan, terutama bagi kapal penumpang.

Baca: BREAKINGNEWS: Warga Temukan Janin di Bebatuan Tepi Laut, Bayi Belum Lama Dibuang!

Baca: BREAKINGNEWS: Heboh! Bintang Cantik K Pop Drama Korea Liburan di Pantai Lagoi Bintan!

Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasigamat) KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun, Syahrinaldi yang dijumpai pewarta beberapa waktu lalu menjelaskan alat keselamatan seperti life jacket, pelampung dan sekoci harus dimiliki dan dalam kondisi yang layak pada setiap kapal penumpang.

"Kita lakukan pengecekan rutin. Dan, untuk jelang lebaran tahun ini kita sudah mulai mendata dan mengecek kapal-kapal penumpang mengenai alat keselamatannya," ujar.

Dalam pengecekan tersebut, apabila petugas dari KSOP ditemukan alat keselamatan yang tidak layak maka pihak kapal segera diminta untuk menggantinya. Selain itu untuk jumlah alat-alat keselamatan juga harus disesuaikan dengan peraturan yang ada.

"Seperti kalau ada life jaket yang tidak layak digunakan kita suruh ganti. Kalau kapal kekurangan life jaket kita juga suruh menambahnya. Hingga saat ini kita lakukan pengecekan tidak ada masalah," jelas Syahrinaldi.

Syahrinaldi menegaskan jika keselamatan merupakan hal yang paling penting dalam pelayaran. Terlebih kapal penumpang yang memang membawa banyak orang. Bahkan bukan hanya perihal alat keselamatan saja, namun apabila cuaca tidak layak untuk pelayaran maka nahkoda ataupun pengelola dilarang tegas untuk berangkat.

"Tidak ada tawar-menawar soal keselamatan," tegasnya.

Untuk selanjutnya KSOP Tanjungbalai Karimun juga akan melakukan uji petik secara acak terhadap kapal-kapal penumpang yang ada demi keselamatan pelayaran. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved