TribunBatam/

Hacker Makin Marak, Begini Cara Perbankan Lindungi Keamanan Transaksi

Beberapa bank memiliki strategi untuk menangkis serangan hacker sebagai antisipasi meningkatnya transaksi digital banking.

Hacker Makin Marak, Begini Cara Perbankan Lindungi Keamanan Transaksi
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini, aksi peretas alias hacker kian meresahkan. Terutama untuk keamanan transaksi perbankan yang sangat terkait dengan uang.

Beberapa bank sudah memiliki strategi untuk menangkis serangan peretas alias hacker. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi meningkatnya transaksi digital banking yang semakin pesat.

Senior Executive Vice President Teknologi Informasi BNI Dadang Setiabudi mengatakan untuk menghadapi serangan peretas bank tidak hanya fokus ke teknologi tapi juga aspek sumber daya manusia.

"Banyak kejadian (peretasan) karena aspek manusia dan prosedur, khususnya disebabkan karena manipulasi sosial (social engineering)," ujar Dadang kepada KONTAN, Senin (12/6/2017).

Baca: Tak Ketemu Langsung, Sugiharto Titipkan Uang Rp 12 Miliar ke Ibu Miryam

Baca: Ratusan Ruli Kolong Tol Kalijodo Batal Diratakan Tanah Hari Ini. Ternyata Karena Hal Ini

Baca: Bisa Ditiru, Begini Cara Kelola Uang Selama Ramadan Agar Dompet Tak Jebol

Untuk itu bank berkode BBNI ini juga selalu meningkatkan kesadaran secara rutin baik kepada pegawai maupun nasabah. Selain itu, sebelum mengimplementasi solusi digital bank akan melakukan tes penetrasi.

Selain itu BNI juga akan mengalokasikan budget khusus untuk meningkatkan sistem keamanan.

Lani Darmawan, Direktur Konsumer CIMB Niaga mengatakan secara rutin bank terus melakukan pembaruan sistem keamanan. "Ini dilakukan di semua jalur transaksi termasuk online," ujar Lani kepada Kontan, Senin (12/6).

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC NISP mengatakan untuk mengantisipasi kemungkinan peretasan bank sudah melakukan persiapan sejak 2015.

"Persiapan ini di antaranya adalah pembentukan tim keamanan siber dan bergabung dalam asosiasi digital forensik Indonesia," ujar Parwati kepada Kontan, Senin (12/6/2017).

OCBC juga terus melakukan pembaruan terhadap sistem keamanan dan membekali dengan teknologi perlindungan digital terbaru. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kontan dengan judul : Begini strategi bankir tangkis serangan hacker

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help