TribunBatam/

Proyek KEK di Dua Wilayah Ini Terganjal Status Lahan

Hingga kini, masalah lahan masih saja menjadi pengganjal rencana pembangunan sejumlah proyek yang akan dilakukan pemerintah.

Proyek KEK di Dua Wilayah Ini Terganjal Status Lahan
kompas.com/ syahrul munir
Ilustrasi pembangunan jalan tol 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga kini, masalah lahan masih saja menjadi pengganjal rencana pembangunan sejumlah proyek yang akan dilakukan pemerintah.

Mulai dari proyek pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) hingga Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah berjalan, keduanya masih tertahan proses sengketa lahan oleh masyarakat.

Ketua Tim Implementasi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Wahyu Utomo mengatakan untuk proyek KEK saja, ada dua wilayah yang terganjal pembebasan lahan. Dua daerah tersebut ialah KEK Bitung, Sulawesi Utara dan KEK Maloy, Kalimantan Timur.

Untuk KEK Bitung,Wahyu bilang ada 92 hektare lahan yang masih diklaim milik perorangan, padahal menurut pemerintah tanah tersebut berstatus Hak Pengelolaan (HPL). Pemerintah pun tengah menunggu proses persidangan atas sengketa tanah ini.

Baca: Perhatikan 9 Tips Aman Main Gadget Bagi Anak

Baca: Tersangka Pelaku Lama, Polisi Bekuk Perampok Penembak Korban di SPBU Daan Mogot

Baca: Novel Sebut Ada Jendral Terlibat, Kadiv Humas Polri: Kalau Ada Informasi Tuangkan Dalam BAP

"Kita tunggu proses peradilannya seperti apa, kita tunggu hasilnya seperti apa," kata Wahyu pada KONTAN, Rabu (14/6/2017).

Untuk PSN, Wahyu bilang ada beberapa proyek yang masih terkendala pembebasan lahan. Meski ia tak dapat merinci, ia menyebut beberapa proyek seperti Jalan Tol Serang-Panimbang, Jalan Tol Solo-Kertosono, Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi.

Meski begitu, Wahyu bilang pemerintah optimistis proses sengketa lahan akan bisa teratasi. Pasalnya pemerintah telah melakukan prosedur sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum.

"Intinya dengan adanya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 semua bisa diselesaikan karena kita sudah menggunakan independent appraisal dan kita akan menjalankan apapun hasil pengadilan," ujarnya. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kontan.co.id dengan judul : Pembebasan lahan ganjal KEK dan proyek strategis

Tags
KEK
lahan
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help