KPK Didesak Minta Maaf ke Amien Rais. Ini Alasannya

Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta maaf kepada Amien Rais, keluarga besar PAN, dan masyarakat.

KPK Didesak Minta Maaf ke Amien Rais. Ini Alasannya
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menggelar jumpa pers terkait uang Rp 600 juta yang disebut jaksa KPK berasal dari aliran dana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari di kediamannya di Taman Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017). Dalam keterangan persnya, Amien menyebutkan bahwa kejadian pada Januari hingga Agustus 2007 lalu dia mengaku menerima bantuan dana operasional dari Soetrisno Bachir, mantan Ketua Umum DPP PAN. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta maaf kepada Amien Rais, keluarga besar PAN, dan masyarakat.

"KPK perlu menjaga kredibilitas KPK, kalau tidak dilakukan, ada apa dengan KPK?" kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di ruang Fraksi PAN, Jakarta, Senin (9/6/2017).

Yandri mengatakan, majelis hakim kasus dugaan korupsi alat kesehatan dengan terdakwa Siti Fadillah Supari telah membantah aliran dana Rp 600 juta kepada Amien Rais.

"Majelis hakim mengatakan tidak ada relevansinya," ujar Yandri.

Anggota Komisi II DPR itu mengatakan, Fraksi PAN bersyukur Amien Rais tidak terlibat kasus tersebut. Ia menilai tuduhan yang dilakukan jaksa KPK merupakan tindakan keji kepada tokoh reformasi.

"Karena isunya sudah menyebar. Kami minta KPK mengklarifikasi secara terbuka dan gentlemen, baik media cetak, online, dan tidak ada kata bersayap," tutur Yandri.

Yandri mengakui publik terbelah saat nama Amien Rais disebut di pengadilan. Oleh karenanya, KPK wajib bertindak adil dan menghindari lembaga tersebut menjadi tunggangan pihak tersebut.

Baca: Periksa 56 Saksi, Akhirnya Polri Temukan Saksi Kunci di Lokasi Kejadian. Siapa Dia?

Baca: Jangan Salah, Begini Cara Pilih dan Masak Cumi dengan Benar

Baca: Untuk Buka Puasa, Jangan Lewatkan Donat Isi Blueberry

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help