TribunBatam/

Mellennial

Muaythai Membentuk Body Atletis

Tujuan utama yang dikenal juga dengan sebutan Thai Boxing ini adalah untuk bela diri sekaligus membakar lemak ataupun kalori.

Muaythai Membentuk Body Atletis
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

OLAHRAGA bela diri muaythai semakin hari semakin digemari. Sebab, olahraga satu ini diyakini membuat badan cepat kurus. Bahkan, beberapa artis tanah air telah menjajal seni bela diri asal negeri Gajah Putih, Thailand.

Sebut saja Wulan Guritno, Dian Sastro Wardoyo, Prilly Latuconsina, Nabila Syakieb dan beberapa selebriti lainnya.

Tujuan utama yang dikenal juga dengan sebutan Thai Boxing ini adalah untuk bela diri sekaligus membakar lemak ataupun kalori.

"Olahraga muaythai itu salah satu jenis olahraga pembentukan (otot) dan pembakaran kalori,”kata Yoki, pelatih muaythai di Morganfitclub, di Ruko Kepri Mall.

Namun, lanjutnya, jika tujuan ikut muaythai untuk menguruskan badan, sangat tergantung setiap pesertanya karena terkait pola makannya.

Muaythai tidak membentuk tubuh seperti saat melakukan fitnes melainkan mengecilkan bagian-bagian tertentu dari tubuh.

Muaythai ini adalah olahraga nasional kerajaan Thailand dan turunan dari bela diri kuno Muay Boran. Di Indonesia, muaythai masuk pertama kali melalui Batam.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan saat hendak latihan muaythai, mulai dari pemanasan, gerakan dasar menggunakan set bag, dan arahan pelatih, serta pendinginan agar otot-otot tubuh melemas. Gerakan dasar muaythai dikombinsikan dari pelatih itu sendiri.

Ada beberapa jenis pemanasan yang biasanya dilakukan sebelum masuk ke gerakan inti, mulai dari lari, skipping, senam lantai, jumping jet, dan beberapa teknik pemanasan lain.

“Tetapi semua kembali ke member, kuat tidak untuk mengikuti semua pemanasan yang diarahkan oleh pelatih,”tambah Yoki.

Halaman
12
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help