BATAM TERKINI

Gaji Pokok Wali Kota Rp 2,1 Juta, Berapa Kenaikan Tunjangan DPRD Batam? Begini Hitungannya!

Penghitungan angka tunjangan DPRD kota Batam, angkanya akan disesuaikan tingkat Kemampuan Keuangan Daerah.

Gaji Pokok Wali Kota Rp 2,1 Juta, Berapa Kenaikan Tunjangan DPRD Batam? Begini Hitungannya!
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM,BATAM - Pansus DPRD Kota Batam sedang membahas Ranperda tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan & Anggota DPRD Kota Batam.

Pembahasan terakhir dilakukan Selasa (18/7/2017), yakni membahas tentang tiga hal, Tunjangan Representatif, tunjangan Transportasi, dan tunjangan Komunikasi. Paling lambat tanggal 14 Agustus, Ranperda sudah harus masuk paripurna.

Mengenai penghitungan angka tunjangan, Wakil Ketua Pansus, Bustamin Hasibuan mengungkapkan, angkanya akan disesuaikan tingkat Kemampuan Keuangan Daerah (KKD).

Jika tingkat KKD nya tinggi, akan dikali tujuh gaji pokok Wali kota, kalau sedang dikali lima dan kalau sedang akan dikali tiga.

"Sekarang kan gaji pokok Walikota 2,1 juta, kalau dikali tujuh itulah nanti perhitungan tunjangannya, untuk tunjangan reses itu satu tahun hanya tiga kali," ujarnya.

Untuk tunjangan transportasi, Bustamin mengatakan, dalam PP nomor 18 tidak dijelaskan secara rinci. Namun, sesuai PP nomor 11 tahun 2007, tunjangan anggota DPRD Kota Batam setara eselon II.

Baca: Ngemplang Pajak? Wajib Pajak Bisa Disandera hingga Satu Tahun

Baca: Bandel, Dua Wajib Pajak Batam Terancam Kena Sandera Kantor Pajak

Baca: Khusus Layani Ganti Paspor, Imigrasi Bakal Buka Kantor Cabang

"Jadi mobil transportasi yang selama ini dipinjamkan Pemerintah Kota Batam akan ditarik dan hitungan tunjangannya menjadi seperti rental kendaraan mobil 2000 cc bensin atau 2500 cc solar, itulah nanti yang akan menjadi hitungan tunjangan transportasi," terangnya.

Sedangkan, kalkulasi untuk tunjangan representatif dan tunjangan Komunikasi, Bustamin mengungkapkan, cara menghitungnya menggunakan patokan gaji pokok Wali Kota.

Kalau Ketua DPRD akan dikalikan gaji pokok Walikota, Wakil Ketua, dikalikan 80 persen gaji pokok Walikota, dan anggota dikalikan 75 persen gaji pokok Walikota.

"Jadi tergantung KKD tingkat KKD nya nanti, bukan yang diberitakan oleh media kemarin bahwa DPRD akan naik gaji mencapai 72 juta," tambahnya. (*)

Penulis: Efendi Wardoyo
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved