TribunBatam/

Punya Usaha Rumahan? Manfaatkan Program Terbaru Google Ini. Gratis Lho!

Google punya dua program utama untuk mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah agar dapat go-online. Sayangnya, baru 16% pelaku UMKM memiliki situs.

Punya Usaha Rumahan? Manfaatkan Program Terbaru Google Ini. Gratis Lho!
KONTAN
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM -  Google punya dua program utama untuk mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat go-online. Berdasarkan data Google baru 16% pelaku UMKM memiliki situs.

Padahal UMKM dapat tumbuh lebih cepat 80% dibandingkan UMKM non-online. Hal tersebut terungkap dari Partner Enablement Manager, Google PSP Program Indonesia Karim I Sulisto kepada KONTAN pada Rabu (13/9/2017).

Dua program tersebut adalah Google Bisnisku dan Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat Digital (Gapura Digital). Bahkan dua program ini tersedia secara cuma-cuma.

Asal tahu saja Gapura Digital merupakan program bagi UMKM Indonesia untuk mengembangkan pengetahuan dan mendapatkan pelatihan praktis seputar dunia digital. Sedangkan Google Bisnisku merupakan program agar pelaku UMKM mendaftarkan usahanya sehingga informasi bisnis mereka tampil di mesin pencarian Google.

“Google Bisnisku memiliki fitur dimana para UMKM bisa merubah business listing mereka website. Agar UMKM tersebut dapat go online sehingga lebih mudah lagi tanpa harus memikirkan bagaimana cara membuat website sendiri atau menyewa orang untuk membuat website,” papar Karim.

Baca: CATAT! Ini Dia Jadwal Pemadaman Listrik Bergilir di Batam Hari Ini

Baca: TERUNGKAP! Hanya 911 Pekerja Seni yang Taat Pajak. Segini Total Setorannya

Baca: Dituding Sebar Ujaran Kebencian Lewat Facebook, Ini Jawaban Pengacara Asma Dewi

Karim bilang setelah diluncurkan selama dua bulan terakhir, program Gapura Digital telah mengandeng 500 peserta UMKM. Karim tidak memasang target signifikan untuk program Gapura Digital. Ia mengingkan sebanyak mungkin UMKM dapat bergabung melalui program Gapura Digital.

Karim menyatakan semua sektor UMKM dapat bergabung melalui program Google Bisnisku dan Gapura Digital. ”Kami melihat masih banyak sekali UKM-UKM di Indonesia yang belum online, yang seharusnya bisa. Banyak sekali UMKM di Indonesia, kita melihatnya mereka bisa dapatkan banyak manfaat ketika go online,” kata Karim.

Google Bisnisku memiliki beberpa kelebihan. Pertama, kelengkapan informasi dan verifikasi yang ketat. Tujuannya agar masyarakat mencari UMKM tersebut di search engine, maka informasi yang ada merupakan informasi yang akurat.

“Sejuah ini, kita melihat bisnis UMKM melalui Google Bisnisku yang mempunyai listing di kami mendapatkan klik 25% - 30% lebih baik dari pada yang tidak memiliki listing,” tutur Karim. (*)

*Berita ini juga tayang di Kontan.co.id dengan judul : Dua program Google khusus untuk pasar UMKM

Tags
UMKM
Google
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help