TribunBatam/

Benarkah Imunisasi Rubella Sebabkan Kelumpuhan? Simak Jawabannya di Sini

Menurut National Health Service, semua vaksin memang berpotensi menyebabkan efek samping pada beberapa orang dan tidak dialami semua orang.

Benarkah Imunisasi Rubella Sebabkan Kelumpuhan? Simak Jawabannya di Sini
kompas.com
ilustrasi imunisasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Berbicara soal imunisasi, pasti selalu ada ‘keributan’ antara mereka yang pro dengan mereka yang kontra. Ribut-ribut ini kembali muncul saat seorang siswi SMP dikabarkan mengalami kelumpuhan usai menerima imunisasi MR.

Akibatnya ada orang yang jadi ragu untuk memberikan imunisasi bagi anak mereka. Informasi yang tidak memadai dan penyebaran berita palsu semakin menambah keraguan manfaat imunisasi, yang juga dikenal dengan istilah vaksin. Lantas, benarkah imunisasi MR adalah penyebab seorang siswi di Demak, Jawa Tengah menjadi lumpuh?

Imunisasi MR adalah kombinasi vaksin campak atau measles (M) dan rubella (R). Imunisasi ini digunakan untuk perlindungan terhadap penyakit campak dan rubella. Campak dan rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus.

Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi campak dan rubella atau yang belum pernah mengalami penyakit ini berisiko tinggi tertular.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin MR bisa mencegah dua penyakit sekaligus.

Sebenarnya hal yang wajar jika Anda mengkhawatirkan efek samping vaksin setelah melakukan imunisasi. Menurut National Health Service, semua vaksin memang berpotensi menyebabkan efek samping pada beberapa orang, namun efek samping ini cenderung ringan dan tidak berlangsung lama. Selain itu, tidak semua orang akan mengalami efek samping ini.

Baca: Masih Gunakan Data 6 Tahun Lalu, Keberadaan 9.000 Warga Miskin di Batam Tak Terlacak

Baca: Besok Dilelang, KPK Pajang Mobil Sitaan. Mulai Avanza hingga Alphard Juga Ada

Baca: Bingung Apa Saja Harta yang Harus Dilaporkan dalam SPT? Cek Daftarnya di Sini

Efek samping yang biasa terjadi setelah melakukan vaksinasi adalah:

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help